“Gathering and Seminar Series : Indonesia-Japan Cooperation Forum 2017”

Selasa (01/08/2017) Gubernur kepulauan Bangka Belitung berkesempatan hadir dalam acara Forum Kerjasama Indonesia-Jepang (FKIJ) yang berlokasi di Ruang Apung Perpustakaan Pusat Kampus Universitas Indonesia, Depok. Acara yang dimulai tepat pukul 09.00 wib ini dihadiri langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Duta Besar Jepang RI, Rektor dan pejabat UI, Presiden JAPI, serta Presiden Komisaris PT. TMMIN.

Tujuannya yaitu sebagai inisiasi kolaborasi dan kerjasama antar tiga sektor yang berbeda diantaranya universitas, industri, dan pemerintah. Dan melalui program ini, semuanya berharap agar ini menjadi langkah awal yang bagus dalam meningkatkan peradaban manusia di masa yang akan datang.

Dalam sambutannya Ir. Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan RI nampak begitu bersemangat dan ada 4 hal yang menjadi pokok perhatian dalam sambutannya kali ini, yaitu : “Kebijakan Transportasi Indonesia, Kerjasama Bilateral Indonesia-Jepang, Proyek Indonesia-Jepang, dan Rencana Perkembangan Perkeratapian di Jawa”.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Erzaldi Rosman dalam paparannya pun tampak begitu antusias dalam menjelaskan potensi-potensi yang ada di Bangka Belitung. Dengan gaya bahasa yang supel dan ramah, dalam waktu singkat beliau mampu menarik perhatian seluruh tamu undangan. Dalam paparan tersebut beliau menawarkan peluang kerjasama antara Bangka Belitung dan Jepang baik itu melalui investasi, kerjasama bidang pariwisata, kerjasama bidang perdagangan, kerjasama peningkatan SDM, serta kerjasama bidang riset dan teknologi.

Namun, 1 poin penting yang beliau tawarkan yaitu Budidaya & Ekspor Sidat (Anguilla SPP) mengingat Babel sangat berpotensi untuk pembudidayan Sidat sehingga akan menjadi peluang kerjasama dalam hal ekspor ke Jepang. Selain itu, Gubenur juga menawarkan bersedia untuk merawat dan memfasilitasi para Lansia Jepang di Bangka Belitung, tentunya dengan didasari kesepakatan antar kedua belah pihak.

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mendukung program kerjasama guna percepatan pertumbuhan ekonomi Babel. Hal tersebut dapat diaplikasikan dalam bentuk dukungan regulasi, perijinan, penyediaan lahan, insentif fiskal, serta membantu sebagai mediator dalam model kerjasama bisnis dengan lokal setempat dalam upaya mendukung Program Mutual Partnership”.

Pada akhirnya, acara pun dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari kedua belah pihak (Bangka Belitung-UI), dan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. (istari)

Sumber: 
Kantor penghubung jkt
Penulis: 
Istari Jayani
Fotografer: 
Hary Kurniawan