11 Program Unggulan Menjadi Prioritas RPJMD Babel 2017-2022

PANGKALPINANG - Untuk melaksanakan amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Novotel Golf & Convention Center-Bangka Tengah, Selasa (29/08/2017). Musrenbang RPJMD tersebut diselenggarakan untuk menyerap aspirasi dari seluruh stakeholder agar penyelenggaraan pembangunan yang disusun selaras mulai tingkat desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan pusat. Hasil Musrenbang RPJMD Babel akan menjadi masukan akhir dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017-2022.

Dengan tema Musrenbang RPJMD “Pemantapan Pembangunan Menuju Bangka Belitung Yang Sejahtera, Maju, Unggul Dan Mandiri Dalam Pemanfaatan Potensi Daerah Secara Optimal” Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung telah menyusun visi untuk 5 (lima) tahun ke depan, yaitu “Babel Sejahtera, Provinsi Maju Yang Unggul di Bidang Inovasi Agropolitan dan Bahari dengan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik yang Efisien dan Cepat Berbasis Teknologi”. Dengan visi tersebut,  diuraikan 6 (rnam) Misi Pembangunan, yaitu:

  1. Pembangunan Ekonomi Berbasis Potensi Daerah;
  2. Mewujudkan Infrastruktur Dan Konektivitas Daerah Yang Berkualitas;
  3. Peningkatan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Handal;
  4. Peningkatan Kesehatan Masyarakat;
  5. Peningkatan Tata Kelola Pemerintah Yang Baik Serta Pembangunan Demokrasi; dan
  6. Meningkatkan Pengendalian Bencana Dan Kualitas Lingkungan Hidup.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mendapat tantangan yang sangat luar biasa ditengah-tengah kemerosotan ekonomi. Oleh sebab itu secara maksimal harus mampu memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia serta memanfaatkan peluang-peluang  untuk memajukan daerah. “Maka perlu kekompakan dari atas sampai kebawah, dari level provinsi hingga ke desa,” ungkap Gubernur.

 Ada 11 (sebelas) program unggulan prioritas yang akan dilaksanakan, namun terdapat 3 (tiga) prioritas utama yang menjadi perhatian khusus, yaitu pengembangan lada, pariwisata dan pengelolaan pertambangan yang memperhatikan lingkungan. Di sisi lain desa juga diminta aktif dalam mendukung program prioritas, walaupun tidak ada kegiatan di Provinsi atau Kabupaten/ Kota.

“Ketika dana desa dimanfaatkan dengan baik, saya yakin program provinsi atau kabupaten akan berjalan bersinergi bersama.” tegas Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur juga menyampaikan agar semua perangkat daerah mendukung apapun bentuk kegiatan untuk membangun daerah ini. ”Jika diyakini benar dan baik, kita harus dukung,” lanjut Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan kesiapannya menerima kritik yang bersifat membangun, baik dari DPRD, masyarakat serta forum-forum di luar pemerintah untuk membangun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu Gubernur juga berharap semua elemen menjadikan Forum Musrembang ini sebagai forum yang dapat dimaksimalkan untuk menyampaikan aspirasi pembangunan.

Ir. Diah Indrajati, M.Si. Direktur Jenderal  Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri yang hadir mewakili Menteri Dalam Negeri menekankan bahwa Forum Musrenbang RPJMD sangat penting. Pasalnya seluruh pemanggu kepentingan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam rencana pembangunan daerah. “Ini merupakan aktualisasi dari janji-janji politik pada saat kampanye pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur,” ungkap Diah.

Menurut Diah, dalam penyusunan RPJMD ini diharapkan dapat diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Penyelarasan tersebut untuk memastikan dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mencapai sasaran pembangunan nasional dan menyesuaikan dengan Perangkat Daerah di provinsi dan kabupaten/ kota.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp
Editor: 
Ahmad Fauzan Syahzian