12 November Porwil Dimulai

Pangkalpinang – Rencananya pelaksanaan Porwil IX Sumatera dimulai tanggal 12 November 2015. Tanggal pelaksanaan kegiatan ini sudah pasti, pasalnya sebelumnya sempat diwacanakan pelaksanaan Porwil dimulai tanggal 9 hingga 21 September. Tak hanya tanggal yang telah ditetapkan, sebab peserta dan cabang olahraga diperlombakan juga sudah ditentukan.

Apik Chakib Rasjidi Ketua Harian Panitia Besar Porwil IX Sumatera mengatakan, pembukaan Porwil IX Sumatera dilaksanakan di Pangkalpinang pada tanggal 12 November 2015. Transportasi kedatangan maupun kepulangan peserta dilayani sesuai jadwal pelayaran atau penerbangan paling cepat H-3 sebelum acara pembukaan, dan H+1 setelah acara penutupan. Mengenai perjalanan tersebut dikoordinir liaison officer (LO) masing-masing cabang olahraga.

“Tema yang diusung, “Dengan Persatuan dalam Persaudaraan, Kita Raih Prestasi serta Menjunjung Tinggi Sportivitas,” kata Apik saat rakornis Porwil IX Sumatera tahun 2015, di ruang pertemuan Mahligai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu malam (8/4/2015).

Lebih jauh ia menjelaskan, mengingat pelaksanaan kegiatan sudah dekat, tema ini segera ditetapkan. Ada perubahan pelaksanaan Porwil, sebelumnya direncanakan September kemudian beralih November, tepatnya 12 hingga 21 November. Moment penutupan kegiatan ini bersamaan Hari Ulang Tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang jatuh pada 21 November.

Sebanyak sepuluh provinsi di Sumatera mengikuti kegiatan ini. Ia menambahkan, sedangkan pertandingan yang diperlombakan ada sepuluh cabang olahraga (cabor). Sejumlah cabang tersebut di antaranya, atletik, renang, sepak bola, basket, sepak takraw, pencak silat, bulu tangkis, catur, panjat tebing dan billiard.

“Venue (tempat pelaksanaan-red) yang sebelumnya telah dipersiapkan, ditinjau kembali dan menjadi agenda dalam rakornis,” tegasnya.

Dijadwalkan agenda rakornis di antaranya, mengunjungi venue dilaksanakan 9 April 2015 di Kabupaten Bangka, Sungailiat dan Kota Pangkalpinang dengan beberapa titik seperti, kolam renang Loka Tirta dan Stadion Orom untuk area Sungailiat. GOR Depati Amir, GOR Sahubudin, GOR Depati Bahrien, Sport Climbing Kawasan Sport Center Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk area Pangkalpinang.

Ia menjelaskan, penetapan cabor yang dipertandingkan, nomor pertandingan, medali, kuota peserta, waktu pelaksanaan serta penetapan indeks iuran peserta, juga dilaksanakan 9 April 2015. Pembahasan lebih lanjut dilakukan saat rakornis kedua bertempat di Soll Marina Bangka Hotel.

Porwil IX diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetisi olahraga yang berjenjang dan berkelanjutan. Ia menambahkan, ini merupakan sarana kualifikasi strategis bagi cabang olahraga daerah menuju PON XIX tahun 2016. Ditetapkannya pelaksanaan Porwil di Bangka Belitung merupakan hasil rapat koordinasi KONI se-Sumatera di Batam 25 Juni 2011 lalu.

“Agenda rakornis berlangsung tiga hari, terhitung 8 hingga 10 April 2015,” kata Apik.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari