2000 Peserta Bakal Ikut Porsadin, Gubernur Ingin Berdayakan Ekonomi Masyarakat

MENDOBARAT -- Diperkirakan sekitar 2000 peserta akan mengikuti kegiatan Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah (Porsadin) tahun depan. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman berharap pihak pesantren dan masyarakat sekitar Kemuja melakukan persiapan sejak dini.

Selain mempersiapkan sarana dan prasarana, Gubernur Erzaldi berharap masyarakat juga mempersiapkan diri menyambut sejumlah tamu yang akan datang ke Bangka Belitung. Salah satu cara yakni, mempersiapkan kondisi penampilan rumah agar tertata rapi. Pasalnya rumah warga akan menjadi homestay bagi peserta kegiatan tersebut.

"Sekitar 2000 peserta siap hadir di Bangka Belitung saat pelaksanaan kegiatan Porsadin tersebut. Untuk itu, pihak pesantren dan masyarakat harus siap menyambut," kata Gubernur Erzaldi saat berkunjung ke Pesantren Al Islam Kemuja, Kamis (8/3/2018).

Kunjungan Gubernur Erzaldi ke Pesantren Al Islam merupakan bagian kegiatan Natak Kampung. Sebagaimana dilansir sebelumnya, Gubernur memulai Natak Kampung ke pesantren Al Islam Kemuja kemudian melanjutkan ke Teluk Limau, Bangka Barat.

Saat rombongan datang ke pesantren Al Islam langsung disambut Pimpinan Pondok pesantren K.H Hijazi Jemain. Selain bersilaturahmi, kunjungan Gubernur kali ini untuk melihat persiapan pondok pesantren sebagai tuan rumah porsadin nasional tahun 2019.

Gubernur Erzaldi berharap pelaksanaan kegiatan sukses, karena akan membawa nama baik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rencananya, kegiatan tersebut diikuti peserta dari 34 provinsi se Indonesia.

Upaya membantu persiapan ini, Gubernur Erzaldi dalam waktu dekat akan mengirim satu unit PC, drone dan alat pemijah sampah. Sejumlah peralatan itu untuk membantu mempersiapkan dan merapikan pondok pesantren. Pasalnya kesiapan sarana dan prasarana harus dapat membuat puas peserta.

Tak hanya itu. Gubernur Erzaldi juga sangat memikirkan masyarakat dengan melakukan peningkatan perekonomian masyarakat pada setiap pelaksanaan event. Untuk itu, diharapkan masyarakat dilibatkan langsung dalam setiap pelaksanaan event.

"Agar masyarakat merasakan dampak positif kegiatan ini, rumah penduduk dijadikan homestay untuk tamu dan peserta porsadin 2019," harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra
Fotografer: 
Aditri Saputra