2019, Semua Produk dan Usaha Kuliner di Babel Harus Sertifikasi Halal

Pangkalpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung Yan Megawandi mengatakan tahun 2019 semua produk dan usaha kuliner yang ada di Bangka Belitung harus memiliki sertifikat halal dari MUI.

Ia menjelaskan, saat ini Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sedang gencar melaksanakan program sertifikasi halal. Ini merupakan hal penting yang harus dilakukan sebab menurutnya Bangka Belitung memiliki sektor pariwisata yang menjadi unggulan dan akan menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Babel.

Ia memaparkan, berdasarkan laporan dari bawahannya, banyak para wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung menanyakan standar sertifikasi halal disetiap rumah makan yang hendak dikunjungi. Oleh sebab itu, Yan menegaskan kepada dinas terkait untuk lebih cepat tanggap, mulai dari sosialisasi kepada para pengusaha kuliner dan memberikan sertifat halal bagi yang sudah teruji kehalalannya.

" Saya menekankan kepada dinas-dinas terkait untuk segera menyelesaikan persoalan ini. Mulai dari sosialisasi hingga pemberian sertifikat halal kepada para pengusaha kuliner yang sudah teruji. Ini untuk kemajuan sektor pariwisata kita, " tegas Yan saat membuka acara Internasional Halal Seminar 2018 di SwissBell Hotel Pangkalpinang, Rabu (28/11/2018).

Demikian juga dikatakan oleh Ketua Umum MUI Provinsi Bangka Belitung Zayadi Hamzah, bahwa semua produk kuliner mulai dari restoran hingga hotel harus bersertifikasi halal. Program ini direncanakan harus selesai paling lambat Oktober 2019 mendatang. Menurutnya, sertifikasi halal ini dapat mempengaruhi teknis pemasaran suatu produk.

Melalui MUI akan dilakukan uji coba apakah produk itu halal atau tidak. Mengingat banyak wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung beragam keyakinan. Oleh sebab itu, dengan adanya sertifikat halal terhadap kuliner di Bangka Belitung, maka para pengunjung tidak perlu ragu dan takut untuk mengkonsumsi makanan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fitra