225 Panitia Dilibatkan Mengatur Keberangkatan Jemaah Haji

Pangkalpinang- Sebanyak 225 orang Panitia akan ditugaskan untuk mengatur keberangkatan 728 jemaah haji yang akan berangkat menuju Tanah Suci Mekkah. Terbagi dari 4 titik Pemberangkatan dan kedatangan para jemaah haji di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Panitia yang akan mengurus keberangkatan jemaah haji bangka belitung terdiri dari 225 orang, jadi, setiap satu orang panitia mengurus 2 sampai 3 jemaah haji", jelas, Rusli, Dari Biro Kesejahteraan Rakyat ( Kesra) Provinsi Bangka Belitung, saat menjadi moderator pada acara Pembentukan Panitia Pemberangkatan Jemaah Haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Lantai satu ruang pertemuan kantor Gubernur Bangka Belitung, selasa (17/9/2013).

Dikatakannnya, untuk jadwal keberangkatan telah ditetapkan selama tiga hari yaitu pada hari minggu tanggal 29 hingga 1 oktober mendatang, menurut Rusli, rencananya, pelepasan hari pertama tanggal 29 september sekitar jam 8 pagi akan dilakukan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Babel, sedangkan keberangkatan plek kedua akan dilepas oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Babel yaitu para jemaah haji dari kota Pangkalpinang.

Ditambahkannya, untuk di Kabupaten Bangka Barat, rencananya pelepasan jemaah haji akan dilakukan oleh Asisten dua Gubernur Babel.

" agar dengan jumlah panitia tersebut, logika kita, pelaksanaan panitia keberangkatan dapat mengurus jemaah haji lebih baik lagi" ujarnya.

Ia menambahkan, untuk keberangkatan pada hari kedua tanggal 30 september 2013, pelepasan keberangkatan pertama akan dilakukan oleh Kepala Polisi daerah (Kapolda) babel, sedangkan pelepasan plek kedua yaitu para jemaah yang ada di Kabupaten Belitung akan di lepas oleh Asisten 1 Gubernur Babel. Untuk pelepasan keberangkatan ketiga akan dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Babel.

" Sedangkan hari ketiga rencananya, Pelepasan keberangkatan jemaah haji akan dilakukan oleh Kepala Danrem Babel ", katanya.

Ia menjelaskan ada empat titik pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdiri dari titik pemberangkatan di kota Pqngkalpinang, kedua titik pemberangkatan di kota Muntok Kabupaten Bangka Barat, ketiga titik Pemberangkatan dari Tanjung Pandan Kabupaten Belitung Timur, terakhir titik di Demarkasi Kota Palembang Provinsi Sumatera selatan.

"Untuk tenaga kesehatqn yang akan mengatur masalah kesehatan para jemaah haji selama keberangkatan melibatkan sebanyak 25 orang tenaga kesehatan, yang terdiri dari 15 orang tenaga kesehatan dari Dinas kesehatan Provinsi Babel, 5 orang dari Dinas kesehatan Kabupaten Bangka Barat dan 5 orang tenaga kesehatan dari Kabupaten Belitung" jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Adi Tri Saputra