25 Pelamar KID Kembalikan Berkas

Pangkalpinang - Sebanyak 25 berkas pelamar posisi komisioner di Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di terima tim pembantu seleksi dan tim fasilitator. Sejumlah berkas lamaran tersebut akan diseleksi, dan pelamar yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tes potensi akademik yang dijadwalkan 12 September nanti.

Marwan, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, hingga hari terakhir penyerahan berkas lamaran, Kamis (5/9/2013), sudah terdata sebanyak 25 pelamar KID. Sebelumnya tim pembantu seleksi dan tim fasilitator telah melayani sekitar 40 an warga yang datang langsung melakukan pengambilan berkas pendaftaran.

Sebagaimana diketahui, pengambilan berkas untuk mendaftar menjadi anggota KID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat datang langsung ke Sekretariat Tim Seleksi di Kantor Kominfo Bangka Belitung atau melalui website Babelprov.go.id. Setelah didata, selain datang langsung ternyata ada beberapa pelamar yang melakukan pengambilan berkas melalui website milik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut.

Kendati berkas dapat diambil melalui website dan diwakilkan, namun ketika mengembalikan berkas, seluruh peserta datang langsung ke sekretariat. Marwan mengatakan, mengembalikan berkas langsung dilakukan pelamar. Ini menguntungkan, karena ada beberapa verifikasi berkas yang dilakukan langsung di hadapan pelamar. Sehingga jika ada berkas yang kurang atau terjadi kesalahan dapat langsung diperbaiki.

"Panitia tidak lagi menerima perbaikan berkas pelamar setelah hari terakhir pengembalian. Sebab berkas tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada tim seleksi," jelasnya, Kamis (5/9/2013).

Pantauan Babelprov.go.id, pengembalian berkas oleh pelamar meningkat di hari terakhir penyerahan berkas, Kamis (5/9/2013). Sekretaris Diskominfo pun ikut mengarahkan dan memantau proses pengembalian berkas tersebut. Terdapat beberapa pelamar harus mendatangi sekretariat lebih dari satu kali untuk melengkapi berkas lamaran. Pelamar tak hanya datang dari Pangkalpinang, sebab ada juga pelamar yang datang dari kabupaten di Bangka Belitung.

Marwan mengharapkan agar proses rekrutmen komisioner ini berjalan lancar. Sehingga tahun ini Bangka Belitung sudah mempunyai KID sebagai lembaga yang dapat menyelesaikan persoalan-persoalan terkait keterbukaan informasi. Sebab banyak informasi yang dibutuhkan masyarakat, dan KID diharapkan dapat menjembatani kebutuhan masyarakat terhadap informasi.

"Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi dapat melihat di website Babelprov.go.id, website Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dikelola Diskominfo. Selain itu, kita juga akan mengkontak peserta lewat telepon atau SMS. DIharapkan proses rekrutmen ini terlaksana sesuai jadwal yang telah direncanakan," ungkapnya.(hzr)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Huzari
Editor: 
Huzari