50 Peserta Ikuti Pelatihan Penyusunan Kebutuhan Pegawai dan Formasi ASN

PANGKALPINANG - Sebanyak 50 orang peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Babel dan Pemerintah Kabupaten Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dilatih untuk penyusunan kebutuhan pegawai dan formasi Aparatur Sipil Negara di Graha Natar Praja BKPSDMD Provinsi Bangka Belitung pada Jum'at (07/04/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan terkait upaya manajemen kepegawaian di OPD dalam hal penyusunan kebutuhan pegawai dan formasi ASN di Dinasnya.

Menurut  Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi, managerial kepegawaian  sangatlah vital dalam kita menggelola organisasi.

"Menurut saya ini sangat vital, kalau salah atau  tidak tepat dalam penyusunan perencanaan akan berimbas dan merugikan masyarakat dan banyak hal, kalo keuangan paling defisit anggaran, misalnya saja orang yang tidak tepat ditempatkan di Dinas PU, diperintahkan untuk membuat jembatan tapi pekerjaannya asal asalan banyak yang dirugikan dari masyarakat, perekonomian dan banyak hal", ungkap Sekda saat membuka acara tersebut.

Dengan demikian Sekda mengajak OPD untuk Fokus dan serius dalam penggelolaan dan penempatan SDM yang ada, saat ini ASN  di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjumlah kurang lebih 5.000 Pegawai di tahun 2017, yang sebelumnya berjumlah sekitar 3.000. 

Hal ini terjadi karena Provinsi Bangka Belitung menjalankan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana kewenangan yang ada di Kabupaten/Kota sebagian dilimpahkan menjadi kewenangan Provinsi, jangan sampai dengan menjalankan amanat Undang-Undang kita merugikan masyarakat.

Selanjutnya Sekda berharap kedepannya ASN dapat menggunakan sistem yang terukur dan merubah paradigma dari manual ke digital, bergeser ke arah yang lebih maju dan praktis.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani/Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Noviansyah