578 Atlet dan Official Ikut Kejurda Olahraga Pelajar

Sungailiat – Sebanyak 578 atlet dan official mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Olahraga Pelajar ke VII tahun 2015 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sejumlah atlet tersebut akan mengikuti enam cabang olahraga yang dipertandingkan untuk merebut 272 medali. Adapun rincian medali yakni, 86 medali emas, 86 perak dan 100 medali perunggu.

Tahun ini, Kabupaten Bangka dipercaya menjadi tuan rumah. Dijadwalkan Kejurda Pelajar dilaksanakan selama lima, terhitung tanggal 19 hingga 23 Mei 2015. Sedikitnya enam cabang olahraga dipertandingkan meliputi, cabang renang, atletik, senam, voli pantai, taekwondo dan cabang olahraga karate.

Amrullah Harun Asisten Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bidang Kesra mengharapkan agar atlet terus meningkatkan prestasi, sehingga dapat sejajar dengan provinsi lain. Salah satu usaha meningkatkan prestasi melalui Kejurda Pelajar. Ajang ini menyeleksi atlet menuju sport event lebih tinggi yaitu, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

“Popnas tahun ini dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat pada bulan September mendatang,” jelasnya saat upacara pembukaan Kejurda Pelajar di halaman Kantor Bupati Bangka, Selasa (19/5/2015).

Lebih jauh Amrullah mengharapkan agar atlet dapat mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik, sehingga bisa mengharumkan nama daerah. Pelaksanaan Kejurda di dua lokasi yaitu, Sungailiat dan Kota Pangkalpinang. Untuk cabang senam bertempat di Hall Senam Pengcap Kabupaten Bangka di Sungailiat, cabang voli di Pantai Matras Sungailiat, Taekwondo di GOR Indor Orom Sungailiat, cabang Karate di Orom Sungailiat.

“Cabang atletik bertempat di Stadion Depati Amir Pangkalpinang dan cabang renang di kolam renang BBSC Bukit Baru Pangkalpinang,” kata Amrullah.

Tujuan Kejurda Pelajar, pertama sebagai media memupuk, memelihara, meningkatkan rasa persatuan, kebersamaan, persahabatan dan persaudaraan antar pelajar. Selain itu, jelasnya, sebagai sarana mendapatkan bibit olahragawan pelajar berbakat dan potensial untuk pembinaan lebih lanjut. Tujuan ketiga, sebagai sarana evaluasi pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar daerah.

“Tujuan keempat sebagai ajang kualifikasi enam cabang olahraga untuk diikutsertakan pada POPNAS XIII tahun 2015 Jawa Barat,” tegasnya.

Rencananya, terdapat 76 orang tergabung dalam kontingen Kabupaten Bangka Selatan, kontingen Kabupaten Bangka Tengah 80 orang, kontingen Kabupaten Bangka Barat 82 orang, kontingen Kabupaten Belitung Timur 81 orang, kontingen Kabupaten Belitung 83 orang, kontingen Kabupaten Bangka 80 orang dan kontingen Kota Pangkalpinang 96 orang. Seluruh kontingen, khususnya atlet agar bertanding sportif dan menjaga persatuan dan kesatuan.

“Kejurda tidak hanya sebagai ajang kompetisi antar daerah, tetapi untuk silahturahmi bagi insan olahraga. Wasit dan juri diminta terus menjaga netralitas, sehingga atlet-atlet yang berkompetisi dapat terseleksi dengan baik,” harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari