61 Peserta STQ Tingkat Provinsi Siap Berkompetisi

Pangkalpinang – Sebanyak 61 peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) IX tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2015 siap berkompetisi. Sejumlah peserta tersebut terdiri dari 32 peserta laki-laki dan 29 peserta wanita yang berhasil memasuki tahap penyisihan. Sebanyak dua cabang diperlombakan dalam ajang bergengsi tersebut.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyarankan agar orang tua mampu mengenalkan Alquran sejak dini. Sehingga mampu menangkal dampak buruk dari kemajuan teknologi informasi. Pemahaman Alquran dan hadist dapat diamalkan dalam kehidupan.

"Di tengah perkembangan globalisasi dan gencarnya kemajuan teknologi informasi, anak-anak perlu dibekali iman dan taqwa,” jelasnya saat membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) IX tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2015, di Masjid Tua Tunu, Pangkalpinang, Minggu malam (10/5/2015).

Pembukaan STQ ke IX diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qoriah Dian Maryati dan saritilawah Habibullah. Selanjutnya dilakukan penekanan tombol sirine sebagai pertanda STQ dimulai. Menurut Gubernur, kegiatan STQ ini bukan sekedar ajang meraih prestasi, tetapi yang tidak kalah penting bagaimana mengamalkan Alquran.

Proses seleksi telah dimulai dari tingkat kecamatan di kabupaten/kota, kemudian seleksi tingkat provinsi. Ia menambahkan, peserta terbaik di tingkat provinsi akan mengikuti STQ tingkat nasional Juni mendatang. Alquran berisi firman-firman Allah SWT yang diturunkan melalui Rasulullah Muhammad SAW untuk umat manusia.

Sebagaimana diketahui, kepiawaian membaca Alquran telah sering dilombakan hingga tingkat internasional. Gubernur menekankan, bukan itu saja yang penting dari Alquran, melainkan menterjemahkan pesan-pesan moral yang terkandung dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu. Gubernur meminta juri mampu menjalankan tugas dengan baik dan sesuai aturan. Sehingga mendapatkan juara terbaik untuk mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di tingkat nasional. Hendaknya peserta mampu memberikan yang terbaik agar bisa mengharumkan Babel dikancah nasional.

“Selamat bertanding dan semoga mampu menunjukan penampilan secara maksimal pula,” tegasnya.

Tema STQ kali ini, "Melalui Seleksi Tilawatil Quran (STQ) IX Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2015  Kita Gali Potensi Minat dan Bakat Menuju Generasi Qurani yang Unggul Cerdas dan Berakhlakul Karimah". Tampak hadir Ust Ahmad Al Habsy mengajak masyarakat mencintai serta mengamalkan ajaran Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Ashraf Suryadin Ketua Panitia STQ IX Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan membaca, memahami dan mengamalkan alquran, meningkatkan kecintaan terhadap Alquran serta untuk meningkatkan tali silaturahim antara sesama umat Islam

STQ berlangsung tanggal 10 hingga 14 Mei 2015. Ia menambahkan, terdapat dua cabang yang diperlombakan, yaitu Cabang Tilawah terdiri dari golongan anak-anak putra dan putri dan golongan dewasa putra dan putri. Cabang hifzh Alquran terdiri dari golongan satu juz dan tilawah putra dan putri.

“Ada juga golongan lima juz putra dan putri, golongan sepuluh juz putra dan putri, golongan 20 juz putra dan putri, dan golongan 30 juz putra dan putri,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari