91 Atlet Ikut PON XIX

Pangkalpinang – Sebanyak 91 atlet Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat. Terdapat 20 cabang olahraga menjadi target prestasi atlet di antaranya, cabang atletik, golf, biliar, catur, sepak bola, karate, pencak silat, voli pantai, basket, selam, judo, balap motor, panjat tebing, binaraga, senam, menembak, tenis lapangan, taekwondo, tinju dan dayung.

Yan Megawandi Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, sebagai duta Bangka Belitung di kancah olahraga tingkat nasional, diharapkan atlet bisa meraih banyak prestasi. Sebab pencapain tertinggi dari olahraga yaitu prestasi. Pemerintah terus berupaya mendukung pembangunan di bidang olahraga dengan memfasilitasi dan melakukan pembinaan.

“Kita dorong kemajuan olahraga dengan kemampuan yang dimiliki. Pemberian fasilitas dan dukungan harus dipertanggung jawabkan, baik dari prestasi maupun secara administrasi,” kata Sekda ketika melepas Kontingen PON XIX Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Jumat (9/9/2016).

Dharma Sutomo Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjanji memberikan bonus bagi atlet peraih medali. Pemberian bonus tersebut bertujuan untuk menambah semangat atlet yang berlaga. KONI memberikan bonus Rp150 juta bagi atlet peraih medali emas cabang olahraga perorangan.

“Sedangkan atlet peraih medali perak mendapatkan uang senilai Rp75 juta dan bagi atlet peraih medali perunggu Rp25 juta. Sementara untuk peraih emas cabang olahraga beregu seperti sepak bola, akan mendapatkan bonus Rp700 juta. Ditargetkan Bangka Belitung bisa meraih lima medali emas dan menduduki peringkat 20," ucap Dharma.

KONI telah menghabiskan anggaran sekitar Rp10,5 miliar untuk menyiapkan atlet agar bisa berprestasi di PON XIX Jabar. Ia mengharapkan atlet bisa mengharumkan Negeri Serumpun Sebalai di kancah olahraga tingkat nasional dengan meraih prestasi terbaik. Sebab atlet-atlet ini telah dipersiapkan dengan baik sejak enam bulan lalu.

“Atlet telah menjalani training center (TC) di beberapa daerah seperti di Purwakarta dan Jakarta. Selain itu telah melakukan sparing dengan tim dari daerah lain. Atlet mengalami kemajuan yang berarti, seperti tim sepak bola kita yang berhasil mengalahkan tim sepakbola PON DKI Jakarta. Hasil ini cukup menggembirakan," tegas Dharma.

Menurut Apik Rasidji Ketua Kontingen PON Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat 91 atlet, 43 pelatih dan official serta 59 panitia pendukung dalam kontingen PON Babel. Atlet siap berlaga pada 20 cabang olahraga, dan saat ini ada yang sudah berada di Jakarta dan Purwakarta. Hal ini merupakan bagian persiapan, training center dan penyesuaian terhadap arena.

"Kondisi atlet sehat dengan staminanya prima. Selama TC, terjadi peningkatan kemampuan atlet. Semoga atlet-atlet ini bisa mengukir prestasi dan mengharumkan nama Bangka Belitung dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dan persaudaraan," ucap Apik.

Jos Setiawan Kusuma atlet cabang Basket merasa bangga bisa mengikuti PON. Apalagi ini menjadi pertandingan perdana tim basket putra Babel di ajang PON. Sejak beberpa bulan lalu tim basket telah giat berlatih. Selain itu, Agustus lalu telah menjalani TC selama sepuluh hari di Jakarta dan beberapa kali berlatih dengan tim basket profesional IBL.

“Selain sparing dengan tim basket profesional IBL, kita juga sparing dengan tim dari daerah lain. Sangat bangga bisa mewakili Babel. Berbekal latihan dan persiapan matang, kami optimis bisa meraih prestasi pada PON nanti. Semoga bisa mendapatkan medali dan mengharum nama Bangka Belitung," harap Jos. 

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra