Agung Dan Dilla Raih Duta Wisata Babel 2018

Pangkalpinang – Agung Nugraha dan Dilla Augustine Kolina asal Bangka Selatan terpilih sebagai Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018, diikuti Bagas Soripada Siregar (Bangka Tengah) dan Elivia Dita Hanatalia (Bangka tengah) sebagai Runner Up. 

Untuk juara atribut Fotogenic diraih oleh Ihzam Febriansa (Bangka) dan Elivia Dita Hanatalia (Bangka Tengah), Best Performance diraih oleh Agung Nugraha (Bangka Selatan) dan Pradini (Bangka), Berbakat diraih oleh Anjani Pribadi (Bangka) dan Chaterine (Bangka), Best Presentation diraih oleh Bagas Soripada Siregar (Bangka Tengah) dan Dian Nur Anisa (Belitung Timur), serta Intelegensia diraih oleh Riyadi Pratama (Kota Pangkalpinang) dan Iptah (Kota Pangkalpinang). 

Agung dan Dilla menyisihkan 26 finalis lain yang berasal dari 7 kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasangan Duta Wisata ini dipilih pada malam grand final yang dilangsungkan di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Sabtu (29/9/2018) malam.
 
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah membuka malam grand final. Abdul Fatah mengatakan bahwa pengembangan pariwisata di Indonesia saat ini semakin membutuhkan banyak praktisi pariwisata yang mumpuni.

“Perkembangan pariwisata di Indonesia kian maju dengan pesat. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki dan menawarkan berbagai potensi pariwisata yang menarik. Untuk itu kita membutuhkan para praktisi pariwisata untuk menggiatkan pariwisata Bangka Belitung,” kata Wakil Gubernur. 

Wakil Gubernur mengatakan salah satu peran para pelaku pariwisata berkaitan dengan strategi promosi.

“Pentingnya peran para pelaku pariwisata untuk menerapkan strategi promosi yang tepat agar seluruh kegiatan pariwisata yang diselenggarakan oleh pemerintah bisa mencapai target dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik nusantara mau pun mancanegara,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rivai mengatakan bahwa pasangan Duta Wisata diharapkan mampu memberikan dedikasi terbaik sesuai dengan bidangnya.

“Duta Wisata memiliki tanggung jawab dan peran dibidang pariwisata. Semangat generasi muda harus dialokasikan dengan tepat. Mereka dapat membantu pemerintah untuk lebih memperkenalkan pariwisata Bangka Belitung,” kata Rivai.

Rivai berharap bahwa ajang Duta Wisata dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi muda di Bangka Belitung.

“Harapannya tentu saja bahwa pemilihan Duta Wisata ini dapat menginspirasi, memotivasi, serta menjadi wadah berkarya bagi generasi muda kita,” harapnya.

Selanjutnya Agung dan Dilla akan mengikuti Duta Wisata Tingkat Nasional pada November mendatang, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Dewan juri pada pemilihan ini, yaitu Widyastuti (Ketua Dewan Juri/Pariwisata), Sudjono Adi (Bahasa Inggris), Harry Wahyudi (Psikologi), Awalsyah Dammara Fajar (Pengetahuan Umum), dan Khoironi (Seni Budaya).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Fotografer: 
Rafiq Elzan