Ajang Duta Wisata Tahun 2017 Diikuti 28 Peserta Se-Babel

Pangkalpinang - Bertempat di Bangka City Hotel Pangkalpinang, Pemilihan Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 dimulai pada hari Rabu (18/10/2017). Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rivai dengan 28 (dua puluh delapan) peserta yang berkompetisi untuk merebut predikat Bujang Dayang Bangka Belitung Tahun 2017.

Pemilihan duta wisata ini merupakan ajang bagi para generasi muda untuk berkontribusi kepada pengembangan pariwisata di Bangka Belitung. Duta Wisata tersebut diharapkan dapat mempromosikan potensi wisata yang dapat menggaungkan nama Bangka Belitung di kancah nasional maupun internasional, sekaligus melestarikan budaya daerah sebagai salah satu sumber kekayaan dan kekuatan nasional bangsa Indonesia.

Pada acara tersebut, setiap kabupaten/kota se-Provinsi kepulauan Bangka Belitung mengirimkan 2 (dua), dan acara Duta Wisata Bangka Belitung Tahun 2017 dimulai sejak 18 Oktober hingga malam Grand Final yang diselenggarakan pada 21 Oktober 2017 bertempat di Bangka City Hotel, Pangkalpinang.

Disela-sela acara tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rivai menyampaikan bahwa pemenang dari pemilihan Duta Wisata ini akan diikutsertakan untuk pemilihan Duta Wisata Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 November hingga 3 Desember 2017 di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rivai berharap pemenang di tingkat provinsi akan menjuarai ajang tersebut di tingkat nasional.

Untuk dapat mencapai target tersebut (juara tingkat nasional), Rivai menjelaskan diperlukann pembekalan yang matang bagi para peserta. "Bekal diri dibutuhkan baik secara perseorangan atau pembekalan oleh institusi dari Disbudpar kabupaten/kota dan provinsi, sekaligus dibarengi dengan kompetensi-kompetensi dari peserta yang bersangkutan," lanjut Rivai.

Berbagai pembekalan dan materi yang akan diberikan kepada peserta selama kegiatan berlangsung, yaitu berupa materi bidang kepariwisataan, psikologi, latihan koreografi, beauty class, Bahasa Inggris, pembekalan terkait narkotika, dan pengetahuan umum. Dan yang akan menjadi poin penilaian dalam pemilihan tersebut adalah pengetahuan umum, Bahasa Inggris, kebudayaan dan pariwisata, sikap dan kepribadian, serta unjuk bakat.

Rivai berharap kepada para dewan juri agar dapat memilih yang terbaik untuk mewakili Babel supaya dapat bersaing ke tingkat nasional agar dapat terpenuhinya Duta Wisata sesuai dengan standard nasional.

"Apabila mereka sudah berada di tingkat nasional, segala aspek penilaian harus memenuhi standar nasional, sehingga disana nanti yang memiliki keunggulan dan kompetensi luas yang akan menjadi pemenang," tutup Rivai.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo