Amalkan Nilai-Nilai Terkandung dalam Pancasila, Indonesia Makmur

PANGKALPINANG -- Perlu kesadaran dan pemahaman saling menghormati, bekerja sama, bergotong royong menyelesaikan permasalahan. Ini dapat berkembang melalui budaya politik demokratis. Budaya polltik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, di halaman kantor gubernur, Senin (1/6/2019) saat membaca sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia pada upacara peringatan hari Kelahiran Pancasila.

"Kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur," tegas Wagub Abdul Fatah di bawah guyuran hujan.

Berkat Pancasila berkeadilan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dari gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman. Sesuai pesan Presiden Jokowi, memperingati dan merayakan hari Kelahiran Pancasila suatu keniscayaan.

Wagub Abdul Fatah mengingatkan untuk berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara. Sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. 

Sebagai bangsa besar, lanjut Wagub Abdul Fatah, tidak akan meninggalkan sejarah. Bung Karno pernah menyebut ‘JAS MERAH”. Untuk menghormatl jasa pendiri bangsa, sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara.

Melalui peringatan hari Kelahiran Pancasila kali ini, perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. 

"Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila," tegas Wagub Abdul Fatah.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Padli