Anggaran Pembangunan Jalan Beltim Bertambah Dua Kali Lipat

MANGGAR - Tahun 2018 ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Belitung Timur akan membangun volume jalan kabupaten sepanjang 46,8 kilometer. Dengan pagu anggaran mencapai Rp 46.357.321.000.

Dari volume 46,8 kilometer, 30,8 kilometer akan dipakai untuk peningkatan dan pelebaran jalan, sedangkan 16 kilometer untuk membuat jalan baru.

Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Beltim, Idwan Fikri menyatakan jumlah anggaran dan volume jalan yang akan dibangun di tahun ini melonjak empat kali lipat dari tahun sebelumnya. Tahun 2017 lalu, volume panjang jalan yang dibangun hanya 11,4 kilometer dengan anggaran Rp 21,4 miliar.

“Alhamdulillah tahun ini kita diberikan lebih banyak anggaran pembangunan jalan. Ini tuntutan masyarakat, karena pembangunan jalan untuk menunjang perekonomian masyarakat,” kata Idwan saat ditemui Diskominfo Beltim, di ruang kerjanya, Kamis (22/2).

Idwan mengatakan setidaknya ada 10 paket jalan yang akan dibangun. Hampir seluruh kecamatan mendapatkan paket hanya Kecamatan Simpang Renggiang yang tak kebagian.

“Paling besar anggarannya di Kecamatan Simpang Pesak. Peningkatan dan Pelebaran Jalan Kabupaten Ruas Simpang Pesak - Tanjung Batu Air, Rp 8.562.000.000,” ungkap Idwan.

Selain jalan, Dinas PUPR juga akan membangun satu jembatan di Desa Lalang Kecamatan Manggar. Jembatan tersebut akan digunakan untuk menunjang agro wisata Desa Lalang.

Jembatannya nanti dari Jalan Semutok, untuk kegiatan penunjangan pariwisata. Jembatan cuman 1 paket, pagunya sekitar Rp 2 miliar,” jelas Idwan.

Seluruh pembangunan akan dikerjakan paling lambat April 2018 mendatang. Saat ini Dinas PUPR sedang memasukkan lelang ke Unit Layanan Pengadaan ULP.

“Kita ingin pengerjaan proyeknya segera. Akhir bulan Februari inilah kita kirim ke ULP nanti tergantung kawan-kawan di sanalah lelangnya,” ujarnya.

Terpisah, Plt. Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas PUPR Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Virgo Robby mengatakan tahun 2018 ini, PUPR Provinsi akan membangun jalan sepanjang 5 kilometer di Kabupaten Beltim.

Jalan yang dibangun berlokasi di Simpang 4 Sijuk-Pesarakan-Buding 1,5 kilometer, Desa Limau Manis KM 50 satu kilometer, Gantung-Padang Manggar (Ngarawan) 1,5 kilometer, dan Badau-Gantung satu kilometer.

“Inya Allah Bulan Maret ini sudah bisa mulai kita kerjakan. Kita lelangnya sudah lama mulainya,” ungkap Virgo Kamis (22/2).

Khusus untuk pelebaran jalan raya Gantung – Padang Manggar, pembangunan akan dimulai dari arah Selinsing Gantung. Hal itu mengingat jalan lama memiliki banyak tikungan tajam yang sering mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

“Ini permintaan masyarakat, biar jalannya lebih aman. Nanti tikungan yang tajam akan kita buat geometeri jalannya biar lebih aman,” ujarnya.

Selain jalan, tahun 2018 ini PU Provinsi juga akan membangun jembatan. Rencananya jembatan akan dibangun di Kecamatan Kelapa Kampit.

“Kalau kita bangun jalanya sepakat sama drainase. Jembatan juga akan kita bangun di Kolong Cinta Kecamatan Kelapa Kampit,” kata Virgo.

 

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fauzi (Pranata Humas Kominfo Beltim)
Fotografer: 
Azy Kominfo Beltim
Editor: 
Irwanto