Anggota Bawaslu Babel Periode 2017-2022 Resmi Bekerja

Pangkalpinang - Badan Pengawasan Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar acara yang bertajuk 'Malam Gayung Bersambut" di Ballroom Novotel Bangka, Kamis malam (28/07/2017). Acara tersebut merupakan pisah sambut anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2012-2017 kepada anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2017-2022. Sebelumnya pada tanggal 20 September 2017, Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2017-2022 dilantik oleh Ketua Bawaslu RI Abhan Misbah bersamaan dengan 23 propinsi lainnya. 

Keanggotaan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2012-2017 dipimpin oleh Bagong Susanto, SH, dengan anggota Zul Terry Apsupi SS dan Sugesti M.PD. Dan Bawaslu Bangka Belitung periode 2017-2022 terdiri dari Ir. Firman Taripar Bangso Pardede, Edi Irawan S.Ag dan Andi Budi Yulianto ST.

Kepala Sekretariat Bawaslu Babel, Wardati SE, MM mengatakan, acara ini merupakan malam perpisahan dengan Komisioner periode 2012-2017 dan memperkenalkan anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017-2022. Diharapkan dengan dilantiknya anggota Bawaslu Babel, kinerja Bawaslu Babel bisa berjalan lebih baik dalam penyelenggaraan demokrasi dan pemilihan umum di Bangka Belitung.

"Dalam penyelenggaran pemilu, Bawaslu Bangka Belitung tetap berpegang teguh pada prinsip akuntable, efektif, jujur, adil dan terbuka," ucap Wardati.

Senada dengan Kepala Sektetariat Bawaslu Babel, Edi Irawan Ketua Badan Pengawasan Pemilu Perideo 2017-2022 berharap kerjasama dari segala pihak dalam membangun demokrasi yang baik sangat diperlukan agar proses pengawasan pemilu di Bangka Belitung dapat berjalan maksimal.

"Mari kita jaga bersama demokrasi yang baik ini agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan sebaik baiknya di propinsi kita tercinta," harapnya.

Dalam program Bawaslu Babel 2017-2022, , Edi Irawan mengatakan ada 2 langkah yang akan dilaksanakan. Langkah tersebut adalah penguatan kelembagaan mulai dari Bawaslu Propinsi dilanjutkan dengan Panwas Kabupaten/ Kota hingga Panitia Pengawasan Kecamatan dengan tujuan terciptanya teamwork yang solid agar dapat melakukan pengawasan demokrasi yang maksimal. Langkah kedua adalah memberikan pembekalan atau meningkatkan pengetahuan pengawasan kepemiluan, mulai dari bimbingan teknis hingga konsolidasi kelembagaan.

"Kita masih memfokuskan kepada soliditas kelembagaan, sembari teman-teman Tim Panwas dari 2 Kabupaten (Bangka dan Belitung) dan Kota Pangkalpinang yang saat ini sedang melakukan persiapan Pilkada 2018. Mudah-mudahan Pilkada tersebut dapat berjalan dengan baik dan maksimal," ungkap Edi.

Sementara itu, Staff Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ir. H. Syahrudin M.Si yang hadir mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan bahwa Bawaslu Periode 2012-2017 memiliki prestasi terbaik se-Indonesia dalam penyelenggaraan pemilu dan 2 tahun berturut-turut meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Bawaslu RI. Karena prestasi Bawaslu sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap akan ada peningkatan prestasi dengan kepemimpinan yang baru sekaligus membangun sinergitas yang terus terjaga antara Bawaslu Bangka Belitung, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan stakeholde terkait.

Dalam kegiatan 'Malam Gayung Bersambut' Bawaslu Babel ini, turut hadir perwakilan Panitia Pengawas se-Bangka Belitung serta dihadiri Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fahrurrozi, S.Ag beserta tamu undangan lainnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Bayu
Fotografer: 
Bayu