Aplikasi SiMAYA Mentransformasi Budaya Kerja Manual Menjadi Digital

Pangkalpinang - Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yulizar didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Budiman Ginting memimpin diskusi Sosialisasi Penerapan Sistem Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) SiMAYA, di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur Bangka Belitung, Rabu ( 23/05/2018 ).

Sosialisasi sistem administrasi perkantoran ini dilakukan sebagai langkah pemantapan persiapan launching pada bulan Juni 2018 mendatang dan menginventarisir sarana dan prasarana pendukung agar dapat mempermudah serta mempercepat sistem keluar masuk surat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Yulizar selain menginventarisir sarana dan prasarana pendukung penerapan aplikasi SiMAYA kendala di lapangan  juga menjadi permasalah yang harus diperhatikan.

"Penguatan sistem jaringan dalam penggunaan berbasis internet yang menjadi kendala harus diperhatikan dengan serius," katanya.

Pemanfaatan teknologi digital serta mengaplikasi sistem secara maksimal dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi untuk menunjang administrasi perkantoran di setiap Organisasi Perangkat Daerah dalam menunjang penyelenggaraan negara oleh Aparatur Sipir Negara.

Transformasi budaya kerja dari sistem manual menuju transaksi dunia digital dalam pemerintahan berbasis clound, SiMAYA sebagai portal aplikasi menjadi jawaban dalam pengoperasian sistem dalam menindaklanjuti surat masuk, pembuatan surat dan disposisi menjadi lebih fleksibel sehingga pemanfaatan aplikasi dapat menciptakan e - Office yang baik didalam pelaksanaannya.

Karena itu, pendalaman sosialisasi kegiatan sangat penting dilakukan agar pada saat penerapan ketika aplikasi ini dipergunakan tidak terjadi lagi kendala yang dapat menggangu proses SiMAYA sehingga dapat tercipta e-Government di wilayah Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin Inradio
Fotografer: 
Erwin Inradio