ASN Harus Mengikuti Perkembangan Zaman, Wagub Abdul Fatah: Manfaatkan Kemajuan Teknologi

PANGKALPINANG -- Aparatur Sipil Negara harus selalu open mind, berinovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi serta mampu berkolaborasi dengan pihak terkait. Pengembangan infrastruktur harus mengimbangi perkembangan teknologi.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah saat membacakan sambutan Upacara Bendera HUT ke-47 KORPRI Tahun 2018 dan Hari Bulan Bhakti PU, di Halaman Kantor Gubernur, Senin (3/12/2018).

"Selain itu, hendaknya dilakukan secara terencana serta saling bersinergi. Kita perlu melakukan pemerataan pembangunan guna meningkatkan daya saing. Pastikan pembangunan infrastruktur tepat mutu," kata Wagub Abdul Fatah.

Suasana upacara kali ini berbeda, sebab semua petugas upacara dari kalangan pejabat eselon satu dan dua di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bertindak sebagai perwira upacara Yan Megawandi Sekda Babel.

Sedangkan posisi pemimpin upacara Kepala Bakuda Feri Aprianto. Sementara petugas pengibar bendera di antaranya, Mikron Antariksa Kapala BPBD, Haris Kepala Biro Pemerintahan dan Kurniawan Kepala Biro ULP Babel.

Masih banyak pejabat eselon dua lain juga terlibat menjadi petugas upacara seperti, Noviar Ishak, Susanti, Eko, Ellyana. Sedangkan untuk pembaca doa dilakukan Cholil Kepala Biro Humas dan Protokol Bangka Belitung.

Selain tepat mutu, pembangunan juga harus tepat waktu dan sesuai rencana. Wagub Abdul Fatah menambahkan, melakukan pekerjaan hendaknya fokus untuk menyelesaikan dengan tetap memperhatikan kesehatan dan kualitas hasil pekerjaan.

Revolusi lndustri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi.

"Teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara," jelas Wagub Abdul Fatah.

Jika tidak mengubah pola kerja, pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara. Mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh

Tingkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas. Wagub Abdul Fatah mengharapkan, seluruh ASN di semua sektor, jangan terjebak ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-program masing-masing.

"Dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara," kata Wagub.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari