Azrul : Aktifkan Kembali Gugus Depan

Pangkalpinang- Azrul Azwar, Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Nasional, mengajak kepada seluruh Pengurus gerakan Pramuka diProvinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat mengaktifkan kembali Gugus Depan Pramuka di tiap-tiap sekolah, pasalnya Revitalisasi gerakan Pramuka pada dasarnya adalah mengaktifkan kembali gugus depan, dimana Gerakan Revitalisasi gerakan Pramuka yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia sejak tahun 2006 yang lalu.

Ia mengingatkan bahwa, Gerakan Pramuka saat ini tidak bisa diabaikan begitu saja, menurutnya, Ada dua hal menjadi penyebab gerakan Pramuka saat ini tidak bisa  abaikan begitu saja,  hal yang pertama yaitu saat ini banyak masalah yang di hadapi generasi muda saat ini, seperti berbagai masalah kenakalan remaja, penggunaan obat terlarang, termasuk rasa kebangsaan yang semakin menipis, tentunya ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, hancurnya bangsa akan menjadi besar jika masalah generasi muda tidak dapat kita selesaikan.

Kedua Karena saat ini pemerintah telah menetapkan salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang di hadapi generasi muda itu, yaitu dengan cara mengakitfkan gerakan pramuka, jika ingin mempunyai masyarakat yang baik dan bertanggung jawab, mempunyai pemimpin yang tangguh, salah satu caranya yaitu dengan cara selalu mengaktifkan  gerakan kepramukaan, karena Ini sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu mengaktifkan gerakan pramuka terutama di Provinsi kepulauan Bangka Belitung, himbaunya, rabu (8/5/2013).

“Revitalisasi gerakan Pramuka yang telah dicanangkan Presiden Republik Indonesia sejak tahun 2006 yang lalu, Revitalisasi gerakan pramuka pada dasarnya adalah mengaktifkan kembali gugus depan, jadi tugas utama kita adalah mengaktifkan gugus depan yang ada di Sekolah, terutama pada saat ini, karena pemerintah telah menetapkan pendidikan gerakan pramuka dalam ekstrakurikuler wajib di tiap-tiap sekolah”. Jelasnya.

“bayangkan jika anak-anak sudah ditetapkan untuk mengikuti gerakan pramuka, tiba-tiba mereka dihadapkan dengan gugus depan yang tidak mempunyai kegiataan apa-apa, betapa akan kecewanya para kaum muda, bahkan yang dikhwatirkan bukan hanya kekecewaan yang dialami generasi muda, tetapi bisa juga menimbulkan rasa antipati terhadap gerakan pramuka, dan ini berbahaya, karena bisa menjadi boomerang bagi kehidupan gerakan pramuka”, tegasnya.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka gugus depan harus diaktifkan di sekolah-sekolah, pasalnya, hal tersebut terkait dengan rencana pemerintah unutk memasukan pendidikan gerakan pramuka menjadi bagian dari ekstrakurikulum yang bersifat wajib.

Ia menambahkan, yang mesti kita lakukan, jika ingin mengaktifkan gerakan pramuka disekolah maka yang harus dilakukan, pertama mendidik para Pembina, pasalnya, tanpa Pembina yang baik gugus depan tidak akan berjalan dengan baik, maka dengan mendidik para Pembina telah terbukti gugus depan menjadi lebih baik, karena menjadi Pembina Pramuka itu bukan hal yang mudah, karena Pembina gerakan pramuka tidak sama dengan seorang guru, guru bahkan bisa mengajar dengan baik didalam kelas atas semua mata pelajaran, tetapi seorang Pembina pramuka tidak seperti itu, seorang Pembina tidak mengajar didalam kelas tetapi mengajar dialam terbuka itu membutuhkan ketrampilan khusus.

ia mengharapkan agar nantinya di Provinsi kepulauan Bangka Belitung dapat melatih seorang guru khusus untuk menjadi Pembina Pramuka, sehingga Pembina yang di sekolah dapat diadakan  seorang guru khusus yang dapat mengaktifkan gerakan kepramukaan, pasalnya jika kegiataan gerakan pramuka dititipkan kepda seorang guru, seorang guru itu bebannya sudah banyak, tentunya jika ada seorang tenaga khusus yang diangkat menjadi seorang Pembina yang tugasnya adalah melaksanakan kegiataan-kegiataan gugus depan maka akan sangat lebih baik lagi, harapnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bangka Belitung, Hj. Noorhari Astuti,S.Sos untuk masa bakti 2013-2017, saat dijumpai usai acara Pelantikan, ia mengharapkan agar nantinya generasi muda khususnya generasi yang aktif di gerakan Pramuka di Provinsi Kepulauan bangka Belitung dapat menjadi Pemimpin yang baik dan menjadi  generasi yang berguna bagi nusa dan Bangsa,harapnya. (adit/Mels).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra | Imelda Ginting
Fotografer: 
Imelda Ginting
Editor: 
Adi Tri Saputra