Babel Akan Kelola Sampah Dengan Teknologi Hydrotermal

Pangkalpinang - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Haryoso pada Kamis(2/11) menghadiri kegiatan Rapat Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) yang diselenggarakan di Ruang Pantai Tanjung Pesona Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kegiatan tersebut, salah satu materi yang dibahas adalah pengelolaan sampah yang ada di Kota Pangkalpinang dan Bangka Tengah dengan menerapkan tekhnologi Hydrothermal Jepang. "Ada pihak dari perusahaan yang mmeberikan masukan kepada pihak Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menginvestasi dalam pengelolaan sampah dengan sistem yang ramah lingkungan yakni hydrothermal dari Jepang," ujar Haryoso.

Dalam sistem tersebut, tumpukan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tidak akan mengendap terlalu lama. "Kita menyambut baik masukan dalam pengelolaan sampah ini. Jadi sampah tidak akan menumpuk sehingga permasalahan sampah di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah akan terselesaikan," ungkap Haryoso.

Selanjutnya pengelolan sampah tersebut akan dibahas kembali dengan Gubernur kepulauan Bangka Belitung sehingga dapat unuk segera ditindaklanjuti dan bisa bersinergi dengan rencana pembangunan TPA di wilayah Jelutung. "Selanjutnya akan dibahas lagi dengan tim dari Lingkungan Hidup, kemudian akan disampaikan kepada Gubernur. Kita berharap pengelolaan sampah di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah bersinergi dengan Pemerintah Provinsi," lanjut Haryoso.

Dalam penerapan tekhnologi ramah lingkungan tersebut, Haryoso berharap ada investor yang dapat mengelola sampah tersebut sehingga dapat mengurangi beban pemerintah daerah.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nita