Babel Kantongi 4 (Empat) Kerjasama dengan Negara IMT-GT

PANGKALPINANG - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi tuan rumah pelaksanaan IMT-GT ke-23 Tahun 2017 mendapatkan berkah atas penyelenggaraan event tersebut. Pasalnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung telah mengantongi beberapa kerjasama dengan negara yang tergabung dalam IMT-GT.

“Bangka Belitung memang pendatang baru di IMT-GT, tetapi dengan Gubernur Babel sekarang, Bangka Belitung menjadi daerah yang sangat dinamik," ungkap Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Menko Perekonomian juga menyampaikan bahwa Bangka Belitung telah menawarkan diri menjadi Sekretariat IMT-GT Indonesia.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyatakan bahwa Sekretariat IMT-GT untuk Indonesia akan segera dipersiapkan di Bangka Belitung sesuai persetujuan dari Kementerian Perekonomian, dan sekretariat tersebut akan berada di Pangkalpinang.
 
Ada 10 (sepuluh) Provinsi di Indonesia yang tergabung dalam IMT-GT dengan fokus kerjasama dalam bidang Pariwisata, Perdagangan dan Investasi, Transportasi dan ICT, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pertanian serta Halal Product and Service. Khusus bagi Bangka Belitung dari 6 (enam) Bidang kerjasama utama, ada 4 (empat) bidang yang disepakati dan harus segera ditindaklanjuti yaitu Green City, Konektivitas dengan Bangkok dan Malaysia, Pertukaran Mahasiswa dengan Malaysia dan Perkebunan.

 Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyatakan bahwa program Green City ini akan segera dilaksanakan pertemuan di Singapura untuk menyamakan konsep agar mampu membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.  Apalagi bagi kota-kota yang ingin mengembangkan pariwisata, maka sustainable green city harus dikedepankan.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung akan mendorong Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat menjadi Green City sebab dianggap cocok untuk mendukung program tersebut, juga  Muntok adalah Kota Haritage.

Melalui UNINET Charter, beberapa perguruan tinggi di Bangka Belitung juga telah melakukan Letter of Intent (LoI) dengan Universitas Kebangsaan Malaysia. Sebagai tindak lanjutnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung akan segera melakukan perjanjian pertukaran antara mahasiswa Babel dengan 2 (dua) universitas di Malaysia.

Demikian pula konektivitas dengan Malaysia dan Bangkok, penerbangan langsung ke Bandara Internasional H.A.S Hanandjoedin Belitung akan segera disiapkan. Selain itu paket-paket wisata 3 (tiga) ngara ini juga akan dijalankan bersama. “November mendatang, tim akan berangkat ke Songklah dan Kuala Lumpur untuk menjalin kerjasama lanjutan ini,” tegas Gubernur.

Dan program terakhir yang harus disiapkan adalah kerjasama sektor perkebunan khususnya karet dan kelapa sawit. 

“Peluang sangat besar yang ada di IMT-GT ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," ungkap Gubernur usai melangsungkan Konferensi Pers Bersama Menko Perekonomian, Menteri Utama Malaysia dan Menteri Perhubungan Thailand, di Ballroom Novotel Hotel Bangka & Conventions Center Jumat (29/09/2017).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp