Babel Kini Miliki Pol PP Pariwisata

PANGKALPINANG - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung layak berbangga hati. Pasalnya, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk peleton Polisi Pamong Praja Pariwisata. Demikian diungkapkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yamowa'a Harefa, di ruang kerjanya belum lama ini.

"Pol PP Pariwisata ini bertugas menjaga keamanan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di sejumlah objek pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Yamowa'a.

Selain itu, Pol PP Pariwisata ini juga melaksanakan pengamanan di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Mereka berseragam khusus, berbeda dengan seragam Satpol PP lainnya.

"Pol PP Pariwisata dibekali bermacam keterampilan. Percaya diri, berpenampilan baik atau good looking, mampu memberikan pelayanan yang baik (excellent service), dan menguasai bahasa asing minimal bahasa Inggris merupakan prasyarat yang harus dimiliki oleh Pol PP Pariwisata," tambah Yamowa'a.

Motto 4S yaitu Senyum, Sapa, Salam, dan Santun dimiliki oleh Pol PP Pariwisata. Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, mereka harus mengutamakan hospitality. Hospitality adalah keramahtamahan, kesopanan, keakraban, rasa saling menghormati merujuk pada hubungan dengan tamu atau wisatawan. Hal ini bertujuan mendukung kemajuan sektor pariwisata/tourism yang sedang dikembangkan oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Peleton Pol PP Pariwisata harus mampu menciptakan suasana yang hangat dan nyaman bagi tamu yang datang. Hal ini senada dengan tujuan menjadi Satpol PP yang humanis dan tegas.

"Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara. Hal ini berimbas pada peningkatan beban kerja Pol PP Pariwisata. Oleh karena itu, diharapkan adanya dukungan dan perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap keberadaan Pol PP Pariwisata bersama peran pentingnya sebagai garda terdepan," harap Yamowa'a.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rusmini (Pramas Satpol PP)
Fotografer: 
Rusmini
Editor: 
Irwanto