Babel Miliki Laut Dan Pulau Yang Indah

PANGKALANBARU- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman didapuk sebagai keynote speaker dalam Pembukaan 1st International Conference on Maritime and Archipelago (ICoMA) , International Conference of Vocational Studies on Applied Reseach (ICoVAR), International Conference of Vocational Studies on Social Science yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Aston, Bangka Tengah pada hari Kamis (13/09/2018).

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur yang disaksikan oleh keynote speaker lainnya, para peserta dan undangan. Selain Gubernur, keynote speaker lainnya adalah Hideaki Kasai (Akashi National College of Tecnology Japan), Datuk  Zainal Kling (Malaya University), Seiji Fujiwara (National Institute of Tecnology Akashi Japan).

Gubernur menyampaikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki 450 pulau, dimana sebanyak 50 pulau telah didiami penduduk dan 400 pulau lagi belum didiami penduduk. 

“Bangka Belitung memiliki 450 pulau dimana 50 pulau sudah didiami, namun ada 400 pulau lagi yang belum tersentuh, sehingga anda dapat membayangkan bagaimana keindahan pulau tersebut,” ungkap Gubernur.

Gubernur mengatakan saat ini Bangka Belitung menjadi jalur pelayaran internasional yang strategis dan efisien sehingga dengan fasilitas pelabuhan yang ada diharapkan dapat memberikan dampak yang sangat baik dalam pembangunan perekonomian di Bangka Belitung.

Pada saat sekarang Bangka Belitung memiliki 7 buah pelabuhan yang terletak di Pulau Belitung sebanyak dua pelabuhan dan ada lima pelabuhan di Pulau Bangka. "Laut Bangka Belitung sangat kaya jika dibandingkan dengan pulau lain di Sumatera,” jelas Gubernur.

Gubernur mengatakan beberapa hasil survey dan studi menyatakan Kepulauan Bangka Belitung memiliki potensi sebagai pelabuhan internasional yang dapat menampung semua jenis kapal dengan kapasitas 2.500 GT. 

Pada kesempatan tersebut Gubernur mengharapkan kepada peserta yang berasal dari luar Bangka Belitung maupun dari Jepang dan Malaysia untuk menikamti keindahan panorama alam dan pantai yang ada di Bangka Belitung.

Gubernur bermimpi Bangka Belitung akan memiliki sebuah pelabuhan berskala internasional yang dapat menampung kapal kapal besar yang akan menggerakkan perekonomian di Bangka Belitung. 

 “Sebenarnya Bangka Belitung memiliki laut dalam yang indah yang bisa menampung kapal yang lebih besar. Tetapi itu hanya bisa terjadi jika kita memiliki pelabuhan berstandar internasional. Ini adalah mimpi saya tapi bukan hanya saya saja tetapi merupakan mimpi masyarakat Indonesia,“ ucap Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Sentosa (Pranata Humas Biro Humas dan Protokol)
Fotografer: 
Sentosa (Pranata Humas Biro Humas dan Protokol)