Babel Siap Hadapi Tahun Demokrasi, Ini Pesan Sekda

PANGKALPINANG -- Dua tahun ke depan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadapi tahun demokrasi. Tahun 2018, sebanyak tiga daerah kabupaten/kota di Babel menggelar pilkada. Sementara di tahun berikutnya, menghadapi pilpres dan pileg bersamaan.

Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi mengatakan, persiapan harus dilakukan untuk menyambut tahun demokrasi tersebut. Pertama, melakukan mempersiapkan pelaksanaan pilkada di Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Belitung.

"Berlangsungnya tiga pesta demokrasi nanti, hendaknya tidak mengurangi nilai indeks demokrasi Indonesia di Bangka Belitung," harap Sekda saat Kegiatan Penguatan Indeks Demokrasi (IDI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018, di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, Rabu (21/3/2018).

Seiring melakukan persiapan pilkada di tiga daerah, kata Sekda, pemerintah provinsi bersama stakeholder terkait juga terus mempersiapkan pelaksanaan pilpres dan pileg di tahun 2019. Keberhasilan Bangka Belitung mempersiapkan dan melaksanakan event demokrasi nantinya bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya.

Penilaian IDI tahun 2016, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih peringkat kedua tertinggi nilai IDI se Indonesia. Sekda menjelaskan, hendaknya prestasi tersebut dapat ditingkatkan, minimal bisa mempertahankan keberhasilan di tahun sebelumnya.

"Namun harus diakui mempertahankan lebih sulit dari meraih prestasi. Anggota Pokja IDI Babel diharapkan lebih antusias dalam melaksanakan kegiatan ini. Hal tersebut menjadi tantangan kerja bagi anggota pokja," kata Sekda.

Tarmin Kepala Badan Kesbangpol Babel menambahkan, agar IDI Bangka Belitung mencapai nilai baik, maka harus ada tindakan-tindakan sesuai proses demokrasi. Sebab potret situasi sekarang akan terus dinilai. Masyarakat boleh menyampaikan pendapat di muka umum, namun mengikuti aturan.

"Penyampaian pendapat di muka umum sudah diatur undang-undang, ikuti aturan tersebut. Jika IDI bagus, jumlah dan tingkat investasi akan lebih baik. Karena daerah kita dianggap aman, sehingga orang akan banyak berinvestasi jika kondisi aman," jelas Tarmin.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Irwanto