Babel Siap Menjadi Tuan Rumah Rakornas Komisi Informasi Tahun 2019

JAKARTA - Menindaklanjuti beberapa pertemuan sebelumnya, pada hari Rabu (23/05/2018) Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepulaun Bangka Belitung, Sugesti berkunjung ke Komisi Informasi RI bersama Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tujuan kunjungan kerja adalah menyampaikan surat dari Gubernur Kepulauan Bangka Belitung perihal Dukungan Kesediaan Sebagai Tuan Rumah Rakonas KI di tahun 2019. “Pada prinsipnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berharap supaya Rakornas KI 2019 mendatang dilaksanakan di Bangka Belitung," ungkap Sugesti. 

Menurut Sugesti, Bangka Belitung sangat siap untuk menjadi tuan rumah di tahun 2019, mengingat Bangka Belitung belum pernah diberi kesempatan menjadi tuan rumah. “Secara sarana dan prasarana, Bangka Belitung siap. Selain itu, keragaman destinasi wisata Bangka Belitung bisa menjadi pertimbangan," tambahnya. 

Menanggapi hal tersebut, Gede Narayana selaku Wakil Ketua Komisi Informasi RI menyambut baik keinginan Bangka Belitung menjadi tuan rumah di tahun mendatang.  “Tuan rumah Rakornas tahun selanjutnya akan ditentukan dalam Rakornas tahun sebelumnya,” jelasnya. 

Menurutnya, pihaknya akan menampung keinginan dari Bangka Belitung, sama halnya seperti Kalimantan Timur yang juga telah berkoordinasi terkait kesiapannya menjadi tuan rumah tahun depan.

“Penentuannya nanti di Rakornas 2018 Agustus mendatang. Akan tetapi kembali lagi pada KI Babel sejauh mana kesiapannya sebagai tuan rumah, kemudian forum yang akan menentukan,” tambahnya.

Gede berharap agar Bangka Belitung betul-betul mempersiapkan diri menjadi tuan rumah, mengingat sebanyak tiga ratus delegasi akan hadir sebagai peserta Rakornas Komisi Informasi tahun depan. “Persiapan tidak hanya terkait anggaran, tetapi fasilitas Komisi Informasi Provinsi sudah sangat mendukung," tegasnya.

Demikian pula yang disampikan Ketua Bidang Kelembagaan Komisi Informasi RI,  Cecep Suryadi sangat mendukung pelaksanaan di Bangka Belitung. “Tetapi saya menyarankan untuk dipersiakan presentasi yang mampu mewakili kesiapan Bangka Belitung, mulai dari penganggaran, tempat hingga sarana dan prasarananya," tambahnya.

Cecep berharap tiap-tiap bagian wilayah Indonesia dapat kesempatan yang sama untuk menjadi tuan rumah.  “Tahun lalu (2017) di Manado dan tahun 2018 di Kalimatan Selatan. Wilayah tersebut berada di Indonesia Bagian Timur. Karena Bangka Belitung berada di wilayah Indonesia Bagian Barat bisa menjadi pertimbangan kuat untuk tahun depan,” jelas Cecep.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap agar pelaksanaan Rakornas Komisi Informasi tahun 2019 dilaksanakan di Bangka Belitung. Pasalnya rakornas yang diselenggarakan di Bangka Belitung berjalan dengan baik. 

“Salah satunya pelaksanaan IMT-GT pada tahun 2017 berjalan dengan baik, dimana agenda tersebut mengakomodir dua negara tetangga sebagai peserta," ungkapnya.

Ditambahkan Sudarman dalam rangkaian acara nanti ada agenda untuk memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan di Bangka Belitung. "Jika Rakornas Komisi Informasi diselenggarakan di Bangka Belitung maka perputaran uang di Indonesia tidak hanya di kota besar saja, tetapi juga di provinsi kecil seperti Bangka Belitung," kata Sudarman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona DP (Pranata Humas Diskominfo Babel)
Fotografer: 
Nona DP (Pranata Humas Diskominfo Babel)