Babel Siap Menyambut Peserta Kirab Kepemudaan Tahun 2017

PANGKALPINANG - Berbagai persiapan terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mempersiapkan kehadiran para peserta Kirab Pemuda 2017. Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai leading sektor bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, OPD terkait di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga PPI dan KNPI mengadakan Rapat Akhir di Ruang Rapat Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (06/11/2017).
 
Kirab Kepemudaan merupakan kegiatan napak tilas kebhinekaan Indonesia sebagai penguatan jati diri Pemuda Indonesia dan meningkatkan kreativitas dan kapasitas Pemuda. 72 (tujuh puluh dua) peserta mewakili setiap provinsi ikut serta dalam Kirab dengan menempuh perjalanan selama 72 hari melintasi Indonesia dengan tim yang terbagi 2 (dua).

Perjalanan Kirab ini akan melintasi titik paling Barat yaitu Sabang dan titik paling Timur yaitu Merauke. Sebagai puncak acara atau Finish adalah Kota Blitar, Jawa Timur yang merupakan kota kelahiran Proklamator Indonesia. Sebagai titik singgah di Kepulauan Bangka Belitung adalah Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Secara teknis Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan adalah penanggung jawab penuh selama kegiatan Kirab Kepemudaan yang akan berlangsung di Bangka Selatan. 

Dalam rapat persiapan yang dipimpimpin oleh Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ferdiyan Hermawan Loebis menjelaskan kedatangan peserta Kirab dijadwalkan tiba di Kota Muntok Bangka Barat pada 8 November 2017. Dan para peserta ini akan berada di Bangka Belitung selama 5 (lima) hari terhitung 8 hingga 12 November 2017. 

"Kirab atau pawai akan dilaksanakan Jumat (10/11/2017) di Kota Toboali dan sebagai puncak Gala Kirab dilaksanakan Sabtu (11/11/2017)," jelas Ferdiyan. 

Penerimaan Kirab Kepemudaan juga melibatkan PPI dan KNPI sebagai organisasi Kepemudaan serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Babel, diantaranya Diskominfo, Biro Humas dan Protokol Setda, Sat Pol PP, hingga Dinas Perhubungan yang akan mengawal rombongan selama perjalanan tiba di Kota Muntok dan kembali melanjutkan perjalanan ke Kota Palembang dengan menggunakan KM. Gunung Muria/ Kuala Batee II.

Muhammad Irham, Ketua KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan harapannya agar dalam agenda wisata selain kunjungan ke tempat sejarah dan objek wisata, peserta juga dapat diajak untuk melihat perkebunan lada sebagai icon Babel dan tempat penambangan inconvensional timah. Menurut Irham dengan adanya kunjungan kirab ini, Bangka Belitung kebhinekaan Indonesia. "KNPI siap untuk mendampingi Kirab Kepemudan ini, " kata Irham. 
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp