Babel Sport Tourism, Kadispora Suharto Ingin Membangkitkan Potensi Lokal

PANGKALPINANG -- Pelbagai strategi diterapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Bangka Belitung Suharto SE, MM untuk mewujudkan daerah ini sebagai tujuan wisata olahraga. Contohnya, kejuaraan cabang olahraga atletik dan voli pantai yang bakal digelar tahun depan ditempatkan ke beberapa kabupaten.

"Kejuaraan atletik dan voli pantai tersebut akan digelar di kabupaten berbeda. Hal ini sengaja dilakukan untuk mendekatkan potensi daerah kepada tamu terkait dua event tersebut," kata Kadispora Suharto saat ditemui usai Salat Zuhur di Masjid Al Iman, Temberan, Pangkalpinang, Rabu (30/5/2018).

Rencananya untuk kejuaraan cabang olahraga atletik di Kabupaten Bangka Tengah. Sedangkan pelaksanaan kejuaraan voli pantai di Kabupaten Bangka. Namun kata Kadispora Babel, mengenai persoalan tempat penyelenggaraan kejuaraan ini terlebih dahulu akan meminta petunjuk dari Gubernur Erzaldi.

Saat ini sarana olahraga cabang atletik sedang dibangun di Kabupaten Bangka Tengah. Sarana tersebut tentunya sudah memenuhi standar jika ingin menyelenggarakan kegiatan tingkat nasional. Selain itu, sarana yang sudah benar-benar siap ada di Belitung. Sedangkan untuk voli pantai, kemungkinan di Kabupaten Bangka.

Sebagaimana diketahui, di Kabupaten Bangka sudah pernah menggelar ajang voli pantai tingkat asia. Sejumlah kabupaten yang direncanakan sebagai tempat penyelenggaraan kejuaraan tingkat nasional tersebut merupakan daerah mempunyai potensi wisata unggulan di Babel.

Menurut Kadispora Suharto, tak hanya dua event olahraga itu saja yang bakal digelar di Babel. Pasalnya Bangka Belitung juga dipercaya untuk menjadi tuan rumah kejuaraan veteran basket setingkat kejuaraan nasional. Pemain basket ini merupakan mantan atlet nasional.

"Kita tinggal menunggu petunjuk dari Bapak Gubernur Erzaldi. Untuk pataka basket, saya mewakili Gubernur  beberapa waktu lalu telah menerimanya di Semarang. Kita meminta dukungan semua stakeholders agar pelaksanaan sejumlah event lancar dan sukses," harap Kadispora Suharto.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra