Babelrun 2018 Berlangsung Sukses

Pangkalpinang – BabelRun sukses digelar. 1.000 peserta “BabelRun” peroleh medali finisher. Lomba lari bertajuk pariwisata ini berakhir di objek wisata Jembatan Emas, Pangkalpinang, Sabtu (29/9/2018). 

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai mengatakan bahwa kegiatan pariwisata besar dengan skala nasional dapat menggaet wisatawan lokal.

“Event sport tourism skala nasional seperti ini sudah marak diselenggarakan di sejumlah daerah di Indonesia, khususnya yang menggencarkan pariwisatanya. Kegiatan seperti ini efektif untuk menarik wisatawan lokal, khususnya para atlet,” kata Rivai.

Sebagai salah satu provinsi muda dengan aset pariwisata yang potensial, Bangka Belitung terus menggiatkan berbagai upaya untuk menarik minat atau kunjungan wisatawan.

“Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu dari sejumlah provinsi lain di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang menjual. Ini modal kita dalam upaya mengembangan dan memajukan pariwisata daerah kita, agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan seperti BabelRun ini,” katanya.

Rivai menambahkan bahwa penyelenggaraan BabelRun bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat para atlet.

“BabelRun ini tidak hanya untuk memperkenalkan potensi pariwisata Bangka Belitung, tapi juga untuk menghidupkan kembali semangat serta giat para atlet kita,” tambahnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Arie Primajaya merasa bangga dan senang melihat respon masyarakat terhadap penyelenggaraan BabelRun.

“Tentu saja kita sangat senang dan bangga melihat BabelRun sukses dilaksanakan. Tidak hanya para peserta, masyarakat kita pun semangat menyaksikannya,” kata Arie.

Senada dengan Rivai, Arie juga mengatakan bahwa event sport tourism menjadi salah satu upaya dalam menarik kunjungan wisatawan.

“Memang event-event sport tourism seperti ini efektif untuk menarik kunjungan wisatawan. selain atlet, yang hobi olahraga lari, yang berasal dari komunitas pelari tertentu, atau pun personal, semuanya bisa ikut. Sehingga mempermudah kita untuk menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke Bangka Belitung,” katanya.

Arie berharap BabelRun dapat berkelanjutan dalam penyelenggaraannya. Hal ini mengingat BbaelRun menjadi salah satu event potensial mendatangkan wisatawan dan berdampak positif bagi para atlet.

“Kita berharap BabelRun kedepannya masih akan berlanjut, dan akan bermunculan event-event serupa yang dilaksanakan di Pulau Bangka atau pun Pulau Belitung, agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan,” harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)