Baju Putih CASN Ibarat Baterai Baru

Pangkalpinang – Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wajib membina, mengajarkan, memberi arahan serta contoh dan teladan kepada Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Pasalnya sejumlah CASN tersebut ibarat baterai baru yang belum terkontaminasi tindakan korupsi.

“CASN berbaju putih ibarat baterai baru yang tidak akan melakukan korupsi,” tegas Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat membuka Diklat Prajabatan CASN Pola Baru Angkatan I di Badan Diklat Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (14/4/2015).

Sebanyak 40 peserta golongan III dan 40 golongan II mengikuti Diklat Prajabatan CASN Pola Baru Angkatan I tersebut. Dijadwalkan kegiatan ini berlangsung sekitar sebulan terhitung tanggal 14 April hingga 13 Mei 2015.

“Arahkan CASN menjadi sehat, pintar dan beriman. Rekrutmen CASN tahun 2014 dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) telah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dengan hasil cukup memuaskan,” katanya.

Terkait suhu politik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wagub mengingatkan agar CASN, kepala SKPD untuk tidak ikut terlibat politik praktis. Karena itu sangat bertentangan dengan aturan perundang-undangan. Kepala SKPD diharapkan membantu gubernur dan wakil gubernur sampai tahun 2017. Selain itu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan kondusif.

“Saya selalu memberikan laporan kepada Gubernur agar hubungan tetap terjaga dan harmonis,” jelasnya.

Sebelum mengikuti Diklat Prajabatan, CASN telah mengikuti Diklat Bela Negara. Wagub menuturkan, bela negara sangat penting untuk setiap CASN yang masih muda dan sehat. Mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kondisi fisik, sehingga lebih sehat dan kuat layaknya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Kalau di Singapura, orang sudah mengikuti bela negara sejak sekolah dasar. Saat SMP, setiap warga negara sudah siap memegang senjata, dan siap berperang membela negara. Sedangkan di Indonesia kondisi yang terjadi sebaliknya,” ujar Wagub

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari