Bangka Expo 2017 Turut Dimeriahkan Stand Kementerian dan Pemda Lain

SUNGAILIAT - Pameran Bangka Expo 2017, Kamis sore kemarin (27/4) mulai digelar setelah dibuka Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi di Taman Hiburan Batin Tikal Sungailiat.

Sekda Provinsi Kepulauan Bangka belitung Yan megawandi ketika membuka Bangka Expo 2017 mengatakan, ada progress yang cukup berarti dalam perkembangan kota Sungailiat yakni dari mulai pindahnya Ibu Kota Kabupaten Bangka dari Pangkalpinang ke Sungailiat pada tahun 1971. Ini adalah kesinambungan dari kepemimpinan yang dimulai Bupati Bangka pada tahun 1971 hingga sekarang,

“ Pelaksanaan Bangka Expo dapat mengangkat kota Sungailiat yang direncanakan akan dijadikan sebagai kota pariwisata di Bangka Belitung” ungkapnya.

Menurut Yan Megawandi beberapa tahun yang lalu, bersama teman-teman ia pernah melakukan survey tentang keinginan masyarakat terhadap kota Sungailiat yang menginginkan Sungailiat menjadi kota Pariwisata dan Pelajar.

Ia menjelaskan, dari keinginan masyarakat itu saat ini sudah mulai terlihat perkembangannya.

Sedangkan dalam penyelenggaraan Bangka Expo 2017, diungkapkannya bahwa penyelenggaraan event ini dapat menjadi wahana rekreasi, wahana pendidikan bagi anak-anak dan masyarakat serta menjadi sarana berpromosi untuk produk-produk yang ada tidak hanya yang ada di Bangka Belitung namun juga yang ada di Indonesia, untuk menjadikan Bangka Expo sebagai awal dari penyelenggaraan Expo yang lebih baik dan lebih luas lagi penyelenggaraannya di masa mendatang.

Bangka Expo 2017 berlangsung 27-30 April 2017 dalam rangka memperingati HUT Kota Sungailiat ke-251, menampilkan pameran sektor pariwisata, pertanian, UMKM dan lain-lain dengan peserta berasal dari sejumlah daerah di Indonesia diantaranya Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Talaud, Dinas Penanaman Modal Kabupaten Sangihe, Dinas Pariwisata Kota Bogor, Tanggerang Selatan, Oku Selatan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan dan lain – lain.

Menurut Bupati Bangka Tarmizi Saat, munculnya ide ingin menyelenggarakan Bangka Expo bermula dari melihat penyelenggaraan pameran tahun 2015 di Yogyakarta yakni pameran hulu dan hilir pertanian yang memiliki nilai edukasi bagi para pengunjung pameran. Dalam pameran tersebut para pengunjung yang hadir dapat terlibat langsung melakukan panen sayuran, buah-buahan dan lain-lain.

Dikatakannya, dengan model pameran itu dapat membuat anak–anak bisa juga mempraktekkan menyadap karet, membuat okulasi, saat ini apa yang diharapkan suudah dapat berjalan dengan baik di Bangka Expo.

“ Jangan sampai anak-anak sekolah tidak mengetahui nama latin dari tanaman,” ungkapnya.

Dijelaskannya, rangkaian HUT Kota Sungailiat ini nantinya bersama - bersama pihak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat melahirkan peraturan pemerintah tentang Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang akan menggerakkan sektor UMKM, Pertanian, Kelautan dan Peternakan untuk memenuhi kebutuhan yang ada di kawasan ekonomi khusus Pariwisata di Sungailiat yang tentu butuh sarana dan prasarana memadai.

“Kita sudah bekerjasama dengan PLN, mempersiapkan supply air dengan melibatkan PDAM, nanti dengan Pemprov dalam pelebaran jalan dari lintas Timur sampai ke Simpang Perahu dapat dibuat dua jalur,” papar Tarmizi.

Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Sungailiat dipersiapkan lahan seluas 600 hektar, saat ini sedang proses lelang untuk pembangunan lapangan Golf.

Sedangkan terkait dengan penyelenggaraan pameran Bangka Expo yang dipadukan dengan pertanian. Diungkapkan Tarmizi, karena kedepan di Bangka Belitung yang dapat diandalkan yakni sektor pertanian dan pariwisata,

Diharapkan melalui Bangka Expo 2017, bersama dengan pihak ketiga dan instansi terkait serta LIPI dapat dirumuskan untuk percepatan pembagunan dimasa mendatang karena permasalahan persampahan, pemakaman dan air merupakan permasalah yang paling penting akan dihadapi.

“Selamat mengikuti Bangka Expo, semoga dapat melahirkan hal–hal yang baik untuk kemajuan kabuparten Bangka dan Bangka Belitung pada umumnya,” ujarnya.

Pembukaan Bangka Expo 2017 juga digelar pentas seni seperti tarian dan parade kostum karnaval. Usai pembukaan Bangka Expo, Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didampingi Bupati Bangka, forum koordinasi pimpinan daerah dan undangan lainnya meninjau stand pameran.(MA)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Muhammad Anshori
Fotografer: 
Muhammad Anshori