Bangka Tengah Siap Menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Tahun 2018

PANGKALAN BARU - Kabupaten Bangka Tengah ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Kepulauan Bangka Belitung yang akan dilaksanakan tanggal 5 hingga 14 November 2018 mendatang. Penunjukan Bangka Tengah sebagai tuan rumah Porprov V di Babel berdasarkan Surat Keputusan Ketua KONI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 49 Tahun 2014 Tanggal 17 Juni 2014, tentang Penetapan Kabupaten Bangka Tengah Sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Porprov V Tahun 2018.

"Kabupaten Bangka Tengah akan mempersiapkan diri secara maksimal untuk segala sesuatu berkenaan dengan penyelenggaraan Porprov V tahun 2018 ini," ungkap Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menyampaikan sambutannya pada acara "Launching Logo dan Maskot Porprov V Kepulauan Bangka Belitung Di Bangka Tengah Tahun 2018" bertempat di Grand Vella Hotel, Rabu (8/11/2017).

Menurut Ibnu Saleh, sukses yang ingin diraih Bangka Tengah sebagai tuan rumah diajang ini adalah dalam penyelenggaraan, prestasi atlet, pemberdayaan ekonomi kerakyatan serta sukses administrasi penyelenggaraan Porprov V.

Sebanyak 23 (dua puluh tiga) cabang olahraga akan dilombakan dalam Porprov V 2018 , yaitu sepak bola, atletik, voli, sepak takraw, balap sepeda, menembak, catur, tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, binaraga, tinju, panjat tebing, bridge, bola basket, bulu tangkis, taekwondo, renang, billiard, karate, senam dan futsal. Dan sebanyak 262 nomor akan diperlombakan diajang ini dengan memperebutkan 925 medali. 

Total keseluruhan kontingen Kabupaten/ Kota adalah 213 orang atlet putera dan 167 orang atlet puteri dengan pelatih sebanyak 69 orang dan official cabang olahraga sebanyak 32 orang serta official kontingen sebanyak 10 orang. 

Sbanyak 17 cabang olahraga akan dilaksanakan di Kecamatan Koba dan 6 cabang olahraga lainnya dilaksanakan di Kecamatan Pangkalan Baru. Akan tetapi, untuk Cabor Bulutangkis dilaksanakan di Pangkalpinang dan Renang dilaksanakan di Kabupaten Bangka. 
"Kami telah mempersiapkan sarana dan prasaran seperti tempat latihan selain tempat menginap kontingen hingga alur lalu lintas," ungkap Bupati Bangka Tengah.

Ketika diminta informasi terkai kesiapan anggaran, Ibnu Saleh menyatakan sumber pendanaan yang akan mendukung pelaksanaan Porprov V Tahun 2018 bersumber dari ABBD Kabupaten Bangka Tengah dan APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan persiapan sudah mencapai 95%.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi. "Angka anggaran untuk pelaksanaan Porprov V sementara berjumlah 55 Milyar Rupiah," ungkap Sekda Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp