Bank Indonesia Provinsi Babel Optimis Ekonomi Indonesia Tembus 5,1% Pada Tahun 2017

Pangkalpinang – Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, mengadakan pertemuan tahunan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung tahun 2017 yang di gelar di Ruang Ballroom Hotel Novotel Bangka pada hari Rabu (20/12/2017). Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Kepala Perwakilan BI Bangka Belitung Bayu Martanto, dan tampak hadir Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi.

Bayu Martanto menyampaikan bahwa acara pertemuan tersebut merupakan komitmen bersama dalam memajukan perekomian Indonesia, khususnya di Bangka Belitung agar menjadi daerah yang makmur, sejahtera dan berkarya.

Ia menyebutkan pada tahun 2017 merupakan bangkitnya ekonomi global, setelah menyentuh titik terendah perekonomian pada tahun 2016 yang lalu. Diperkirakan ekonomi global dapat tumbuh hingga 3,6 persen pada tahun 2017.

“Pertumbuhan ekonomi dunia tidak hanya bertumbuh dari negara maju, tetapi juga dari negara berkembang. Perkembangan perbaikan ekonomi global berdampak pada peningkatan harga komoditas internasional. Harga komoditas internasional seperti batu bara dan mineral kembali menguat, dengan tingginya permintaan dari Tiongkok,” ujarnya.

Selanjutnya dari dalam negeri sendiri, momentum pertumbuhan ekonomi domestic terjadi pada paruh tahun kedua 2017. Ia pun memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu tembus 5,1 persen di tahun 2017, hal ini merupakan perkembangan yang sangat baik dibandingkan kebanyakan negara berkembang lainnya.

Sedangkan pada inflasi Bayu menyebutkan pada tiga tahun terakhir ini masih terkendali. Untuk itu Bank Indonesia memberikan apresiasinya kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah dalam mengendalikan inflasi di daerah.

“Pada tahun 2016 kita mengalami inflasi transportasi udara yang cukup tinggi, Bank Indonesia bersama stake holder terkait termasuk BPS dan maskapai penerbangan melakukan upaya-upaya dan memberi masukan kepada pemerintah pusat. Dan pemerintah pusat sudah merespon sehingga menimbulkan efek yang cukup baik,” pungkasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo