Bappeda Babel Susun RKPD 2019

PANGKALPINANG-- Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bappeda)  Babel menggelar Rapat Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Pulau Ketawai Kantor Bappeda  Kamis (1/2)  dilakukan untuk penyempurnaan Rancangan Awal RKPD 2019 yang akan digunakan pada Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dilaksanakan pada 6 Februari nanti.

"Rancangan Awal RKPD 2019 akan menjadi bahan bagi peserta Forum Konsultasi Publik yang akan dilaksanakan pada 6 Februari, tapi tidak semua, hanya resume dari bab yang ada di RKPD. Pada saat FKP akan ada paparan Badan Pusat Statistik  Babel dan Bank Indonesia Perwakilan  Babel. Selain itu juga FKP dilaksanakan untuk menampung masukan dari peserta yang hadir," kata Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Bappeda  Darlan pada saat membuka rapat.

Dari hasil FKP, lanjut Darlan, Tim Penyusun RKPD 2019 akan menyempurnakan Rancangan Awal RKPD 2019. Setelah menjadi Rancangan RKPD 2019, Gubernur akan mengirimkan Surat Edaran kepada Bupati/Walikota untuk memedomani Rancangan RKPD 2019 dalam menyusun RKPD 2019 di Kabupaten/Kota.

"Ini merupakan fungsi Bappeda Provinsi, sebagai koordinator perencanaan untuk Kabupaten/Kota, sebagai perpanjangan tangan Gubernur, untuk pembinaan, evalusi dan monitoring perencanaan di Kabupaten/Kota," lanjut Darlan.

Dalam Surat Edaran Gubernur kepada Bupati/Walikota tentang rancangan RKPD Provinsi akan memuat sasaran dan prioritas pembangunan Daerah, serta arah kebijakan pembangunan kewilayahan Kabupaten/Kota lingkup provinsi dengan lampiran jadwal pelaksanaan Musrenbang provinsi dan rancangan RKPD Provinsi.

"Rancangan RKPD sudah mencantumkan tema, program prioritas provinsi, dan mengarahkan kabupaten dan kota, apa yang menjadi prioritas pembangunan dan targetnya, seperti pembangunan ekonomi, penurunan kemiskinan, laju pertumbuhan ekonomi dan penurunan angka pengangguran," kata Darlan.

Darlan menambahkan, dalam menyusun RKPD 2019, Pemerintah Pusat meminta Pemerintah daerah untuk mengacu pada Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019. Rancangan Awal RKP 2019, mengambil tema Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas dengan lima program prioritas.

"Yang pertama pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, kedua pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman, ketiga peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri, dan jasa produktif, keempat pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air serta kelima stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan Pemilu.

"Diharapkan daerah bisa mengacu pada program prioritas RKP 2019, rencananya untuk RKPD 2019 akan 7 program prioritas yang akan mengacu pada RKP 2019 dan RPJMD 2017-2022 Provinsi Kep. Babel, sehingga ada sinkronisasi dengan tema nasional," kata Darlan.

Sumber: 
Bappeda Pemprov Babel
Penulis: 
Rizky F (Pranata Humas Bappeda Babel)
Fotografer: 
Rizky F (Pranata Humas Bappeda Babel)
Editor: 
Irwanto