Batu Belubang Dapat Akses Internet Gratis

BATU BELUBANG – Mimik serius terlihat jelas dari wajah-wajah sekitar 50 warga Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, sore itu.

Di depan mereka terdapat sejumlah perangkat komputer. Beberapa di antaranya terlihat sedang mengakses informasi pembuatan kerajinan tangan. Sebagian lainnya tampak asyik memanfaatkan jejaring sosial untuk berkomunikasi dengan sahabat dunia maya. Balai pertemuan itu nampak seperti warung internet.

Begitulah suasana di salah satu ruang Kantor Kepala Desa Batu Belubang ketika Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan akses internet gratis kepada warga setempat. Selain dalam upaya mengenalkan media internet kepada masyarakat, Dinas Kominfo juga berencana memfasilitasi warga untuk membuat website desa mereka. Apalagi desa ini dikenal memiliki potensi kelautan dan perikanan serta pariwisata.

“Kita ingin berbagi dengan masyarakat untuk mengenalkan potensi desa mereka secara luas,” ungkap Kasi Telematika dan Konten Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erman Arif.

Sebanyak enam unit komputer dan perangkat internet disediakan selama dua hari bagi masyarakat yang ingin mengakses internet secara gratis. Mereka diarahkan untuk mencari dan mengetahui informasi terkait dengan kegiatan dan pekerjaan keseharian mereka.

Menurut Erman, apabila masyarakat benar-benar merasa membutuhkan ketersediaan informasi, maka pihaknya dapat saja memberikan akses internet yang bisa dimanfaatkan seluruh warga di desa tersebut.

Batu Belubang, menurutnya, diharapkan bisa menjadi desa percontohan dalam pemanfaatan teknologi informasi. Sehingga dengan adanya internet di desa, maka masyarakat dapat melakukan interaksi jarak jauh dengan masyarakat lain yang memiliki profesi sama. Misalnya, para nelayan dapat berkomunikasi dengan nelayan di wilayah lainnya untuk mengetahui keadaan cuaca, harga jual hasil laut hingga pengolahan pasca panen.

Begitu pula dalam pengembangan pariwisata, warga bisa memperoleh informasi-informasi penting dalam pengelolaan kawasan wisata di desanya.

Kepala Desa Batu Belubang Sarjono, SE menyambut baik rencana warga yang ingin memperoleh akses internet di desanya. Dirinya berharap pemerintah melalui Diskominfo Provinsi Babel dapat mewujudkan keinginan tersebut. Termasuk rencana pembuatan website desa.

 “Kita sangat mendukung niat baik warga yang membutuhkan akses internet. Apalagi dengan adanya website desa yang dikelola langsung oleh masyarakat di bawah binaan Dinas Kominfo Provinsi, akan sangat membantu mempromosikan potensi di desa ini,” tegas Sarjono.

Sementara Ketua Karang Taruna Desa Batu Belubang Rio Ferdinan mengajak kaum muda dan masyarakat untuk bersatu dan berkarya dalam membangun desa. Diantaranya melalui pemanfaatan dan pengelolaan teknologi informasi.

“Internet dapat menjadi media belajar buat semua orang. Semua ilmu ada di internet, mulai dari ilmu agama, pengetahuan umum hingga perkembangan teknologi dalam menunjang aktifitas ekonomi masyarakat,” ujarnya. (im)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ismail
Fotografer: 
Ismail
Editor: 
Ismail