Belitung Beach Festival & Expo 2013

Tanjung Pandan - Pemukulan drum oleh Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  (Babel) Imam Mardi nugroho  menandakan dimulainya  Belitung Beach  & Expo 2013  di kawaswan wisata Tanjung Pendam  Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, menjadi saksi untuk pertamakalinya karnaval dengan kostum unik dan menarik disebuah pantai, yang digelar  pada Sabtu (18/5) sore. Event tersebut  hanya ada di Belitung Beach  Festival & Expo 2013 yqng digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwasata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegitan dibuka secara resmi oleh  Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Imam Mardi Nugroho  pada sabtu (18/5) sore.

BBF & Expo 2013  diisi dengan penampilan  Jember Fashion Carnaval (JFC) yang masuk dalam 4 besar carnaval dunia.  Pada festival ini jember Fashion Carnaval  (JFC)  tampil dihadapan masyarakat Belitung dan wisatawan  yang memadati kawasan Tanjung Pendam  dengan diiringi marching band dari JFC sendiri.  Putra-putri Bangka Belitung yang tak ketinggalan yang memamerkan hasil karya mereka  dalam Babel Carnaval. Mereka adalah peserta yang telah mengikuti Workshop BBF  dan dibimbing oleh Instruktur dari  JFC . Baik JFC maupun Bangka Belitung Carnaval mengenakan  kostum dengan tema Under  The Sea.  Mereka berjalan mengitari kawasan pantai Tanjung Pendam . Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk berfoto bersama JFC  dan Babel Carnaval. Festival juga diramaikan dengan penampilan  Ellis stania  dan Moel KDI, Rampak Beduk Berimob  rajawali 92 dari satuan  Brimob polda Babel  dan tari pendulang timah dari hasil karya  Andrea hirata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Yan Megawandi  mengatakan BBF  & Expo 2013  yang pertama ini sudah  menarik dan akan bisa lebih  menarik lagi . Pihaknya melihat masih ada yang perlu  diperbaiki untuk dikembangkan, mengingat BBF baru pertama kali digelar.  Yan mengatakan pihaknya  ingin Bebel lebih dikenal orang. Salah satunya melalui  BBF & Expo 2013. Dirinya berharap Even ini akan lebih  memperkenalkan citra Belitung  sebagai destinasi pariwisata. Untuk tahun depan mungkin bulan depan  sudah bisa kita umumkan tanggal  untuk pelaksanaan tahun depan. Sehingga selama satu tahun akan dipromosikan. Kalau sekarangkan terlalu dekat waktunya, “ kata Yan Megawandi.  Hal senada juga dikatakan Bupati Belitung H. Darmansyah Husein dalam sambutannya saat pembukaan BBF & Expo 2013. Kedepan perlu kita lihat. Kalau disambut antusias masyarakat, kita akan bikin tiap tahun, “kata Bupati.         

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Eko Maulana Ali dalam sambutannya yang dibacakan oleh  Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Imam Mardi Nugroho  untuk pembangunan pariwisata di Pulau Belitung  diperlukan Sinergitas  dengan semua pelaku kepentingan  yang harmonis dan partisipasi  masyarakat. Saya berharap BBF akan menjadi acara tahunan yang akan menjadi identitas  Belitung dalam menggelar Festival budaya, yang akan menjadi salah satu acara  memperomosikan Babel secara  holistic. “ katanya.

Presiden JBF,  Dynand fariz mengatakan Event BBF  sangat positif, Dynand berharap  harus ada BBF yang kedua dan seterusnya. “BBF kedua harus digelar, tentu dengan tema yang spektakuler,” kata Dynand. BBF dihadiri juga oleh  Miss Taurism Asia 2012 Reinita Arlin, Pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi  Kreatif, direktur yayasan  Eljohn , Johnnie sugiato. Kegiatan BBF & Expo 2013 berisikan karnaval, pameran dan kuliner. Kegiatan ini di gelar selama tiga hari dari 18 Mei ( adv / Eff )

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Effendi
Fotografer: 
Effendi
Editor: 
Imelda Ginting