Beri Pelayanan Prima ke Masyarakat Polda Babel Gelar Operasi Ramadniya Menumbing 2017

PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Polda Kepaulauan Bangka Belitung bersama, TNI, dan Instansi terkait menggelar rapat lintas sektoral tentang persiapan pelaksanaan Operasi Ramadniya Menumbing 2017, di Gedung Tribrata Polda Babel pada Selasa (13/06/2017).

Menurut Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, rapat ini untuk menyamakan persepsi tentang pergeseran orang dan barang dalam rangka menyongsong hari raya Idul Fitri, dan focus dalam kegiatan operasi ini mengajak keselamatan, kemanan, dan kenyamanan para pemudik serta kelancaran distribusi bahan pokok dan BBM sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

”Atas sinergitas yang baik ini, saya menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama dan dukungan dalam persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H tahun 2017 ini “ .Ungkap Wagub.

Menurut Wakapolda Babel Kombes (Pol) Tantan Sulistyana, Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan operasi Ramadniya Menumbing Tahun 2016, angka kriminalitas secara umum cukup tinggi meskipun secara kualitas dapat dikatakan situasi berlangsung aman dan kondusif. Kejahatan yang bersifat konvensional seperti curanmor, curat, curas, dengan sasaran aktifitas Bank/ ATM, maupun Pegadaian, pusat-pusat perbelanjaan perlu diwaspadai karena tetap menjadi sasaran para pelaku kejahatan menjelang saat dan setelah Hari Raya Idul Fitri tahun 1438 H.

“Perkembangan kejahatan dari pola minggu pertama, minggu kedua dan ketiga berbeda beda, dalam masa minggu ke tiga kejahatan mulai di pusat perbelanjaan, sedangkan untuk minggu keempat lebih ke tempat umum seperti Pelabuhan Bandara, dan Terminal Bus.” Ungkap Wakapolda.

Berdasarkan data jumlah kecelakaan yang terjadi selama operasi Ramadniya ini menjadi perhatian kita bersama mengenai tingginya angka korban yang meninggal dunia dan luka berat yang timbul akibat kecelakaan lalulintas dijalan, dan tidak menutup kemungkianan akan terjadi pada pelaksanaan pada operasi tahun ini.

Dari adanya kasus yang terjadi ditahun 2015 dan ditahun 2016 berdasarkan analisa dan evaluasi dari tahun ketahun dapat memberikan beberapa petunjuk mendasar dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan operasi Ramadniya 1438 H tahun 2017.

Dengan adanya wadah ini diharapkan dapat memantapkan komitmen bersama dalam mengamankan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri yang saling mensinergikan perencanaan dan pengamanan masing-masing Polres bersama stakeholder menjadi satu perencanaan yang sifatnya operasional dalam satu desain yang memadukan pengamanan dan pelayanan masyarakat dalam rangka mengantisipasi berbagai permasalahan dan persoalan yang terkait dengan pengamanan Hari Raya Idul Fitri.

Selanjutnya diharapkan dapat merancang kondisi yang diinginkan serta merumuskan cara-cara yang efektif berdasarkan pengalaman masa lalu agar permasalahan yang terjadi dapat diminimalisir seoptimal mungkin serta dapat menyatukan langkah diantara pemangku kepentingan sesuai dengan peran dan fungsinya sehingga menjadi mata rantai yang tidak terputus dalam pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani/Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari