BIMBINGAN PRA NIKAH BAGI SISWA/SISWI DAN MAHASISWA SE-KABUPATEN BANGKA

SUNGAILIAT - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat menggelar sosialisasi dan pembinaan berupa Bimbingan Pra-Nikah bagi remaja usia nikah kepada siswa/siswi SLTA dan mahasiswa Se- Kabupaten Bangka di SMA Negeri 1 Sungailiat Kabupaten Bangka. Senin ( 16/10/19) pagi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Biro Kesra Setda Pemerintah Provinsi Bangka Belitung H.Saimi  mewakili Gubernur Babel dan dihadiri Asisten 1 Kabupaten Bangka, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah 1, Kemenag Wilayah Kabupaten Bangka, Direktur Polman Babel dan Kepala Sekolah Se-Kabupaten Bangka beserta narasumber dari Dinas Kesehatan dan Kemenag Wilayah Kabupaten Bangka.

Bimbingan Pra Nikah ini bertujuan agar para pelajar memahami pernikahan usia muda dari segi agama dan kesehatan.

H.Saimi mengemukakan bahwa menikah sehat itu ada waktunya. Bagi wanita sebaiknya di usia 20 tahun dan pria 25 tahun. Sementara saat ini masih banyak pernikahan dilakukan oleh pasangan dibawah usia tersebut dan Provinsi Bangka Belitung salah satu nya.

" Di Kepulauan Bangka Belitung ini angka pernikahan usia muda masih sangat tinggi,"ujar  Saimi. Penyebab angka pernikahan usia muda yang masih tinggi dikarenakan budaya masyarakat dan pergaulan bebas.

" Untuk itu Bimbingan Pra nikah diselenggarakan untuk memberi kesempatan kepada para siswa sebagai pemula agar dapat bertanya lebih luas kepada narasumber mengenai pernikahan di usia muda terutama dari segi agama dan kesehatan," lanjut Saimi.

Tiap peserta yang mengikuti kegiatan  mendapatkan Piagam Penghargaan sebagai tanda telah mendapatkan bimbingan dan pembinaan Pra nikah bagi Siswi/Siswa.

Sumber: 
Biro Kesra Babel
Penulis: 
Aliyah