Bimtek Aplikasi SIPKD Berbasis Akrual DPPKAD Prov. Kep.Bangka Belitung

Sungailiat - Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Bimbingan Teknis Implementasi Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual dan Sistem Akuntansi Berbasis Akrual, yang diselenggarakan mulai dari 24 sampai dengan 27 November 2014 di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat. Peserta berjumlah 70 orang, terdiri atas 35 orang dari bagian keuangan DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sisanya adalah para administrator SIPKD dari SKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebagai salah satu penunjang yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) pada setiap SKPD di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka  Belitung bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Ekonomi Pembangunan dan Pemerintahan (LKBP) dari Jakarta, dengan narasumber berkompeten, antara lain Dr. Hendriwan, MH., M.Si dan Muchammad Solichin.

Saat membuka Bimtek, Senin (24/11/2014), Yulizar Adnan, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap bimtek ini dapat menambah ilmu dan wawasan para peserta bimtek. Hal ini penting mengingat di tahun 2015 mau tidak mau, suka tidak suka, sistem akrual harus dijalankan oleh semua SKPD. DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung berupaya untuk menginformasikan sistem ini sehingga para administrator SKPD tidak kesulitan dalam pelaksanaannya di masa yang akan datang.

Adapun materi yang akan disampaikan antara lain akuntansi keuangan pemerintah daerah – memahami basis akuntansi serta teknis akuntansi SKPD dan pokok-pokok perbedaan SAP berbasis cash toward acrual dengan SAP berbasis akrual.

Bambang, perwakilan LKBP menyatakan bahwa dengan penyelenggaraan bimtek ini, Sumber Daya Manusia di Pemerintah Provinsi Bangka Belitung siap untuk menyongsong akrual basis di tahun 2015. Pelaksanaan kegiatan diharapkan dapat bermanfaat, baik bagi SKPD maupun DPPKAD sebagai SKPD yang merupakan konsolidasi data dari sisi pengelolaan keuangan daerah.

Sumber: 
DPPKAD Babel
Penulis: 
Ratna Kusuma Dewi
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Editor: 
Adinda C