Biro Layanan Pengadaan Selenggarakan Sosialisasi dan Audiensi E-Catalog Lokal

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka belitung yang diwakili Biro Layanan Pengadaan lakukan sosialisasi dan Audiensi E-Katalog Daerah bertempat di Aula pertemuan Pantai Pasir Padi Kantor Gubernur Bangka Belitung, Rabu (01/03).

Memberikan Informasi untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran negara dalam hal pengadaan barang jasa, Sosialisasi dan Audiensi E-Katalog lokal ini juga dapat mengembangkan peran serta penyedia lokal termasuk UMKM. Dimana keberadaan E-Katalog Daerah ini akan memprioritaskan penyedia barang dan jasa untuk pemerintah daerah dari pengusaha lokal setempat baik melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi. 

Dalam sambutannya, Elfiyena selaku Kepala Biro Layanan Pengadaan mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka belitung mengatakan Pemerintah Provinsi telah bekerja sama dengan pihak yang terkait dalam penyusunan E-Katalog Daerah, dimana kedepannya kita belanja sudah menggunakan sistem online dan Pemerintah Daerah sendiri sudah mempersiapkan diri dalam pelayanan ketersediaan barang dan jasa dengan penyusunan katalog yang dapat di akses secara online.

" Pemerintah telah siap untuk melakukan pelayanan pengadaan barang dan jasa dengan penggunaan sistem secara online dengan melakukan penyusunan E-Katalog bersama pihak yang berkompeten," Terangnya

Selanjutnya, Elfiyena juga menambahkan Sosialisasi ini untuk yang kedua kalinya dimana yang pertama untuk pengguna sendiri yaitu pemerintah sendiri dan pihak nya telah melakukan sosialisasi kepada pemerintah Kota maupun Pemerintah Kabupaten yang ada di Bangka Belitung,Kegiatan sekarang hari ini untuk calon penyedia, Dimana ada tiga Kategori yang sudah di setujui : Pakaian dinas batik daerah, bibit lada, serta bahan bangunan yaitu aspal.

Kemudian dalam kesempatan ini, dengan adanya Sosialisasi dan Audiensi dengan penyedia jasa diharapkan masukan dari penyedia jasa sehingg dalam penyusunan E-Katalog ini dapat menghasilkan suatu masukan yang baik ke depan nya. E-Katalog ini akan dapat efektif dari sisi efisiensi anggaran. Sebagai upaya pengembangan produk lokal, keberadaan e-katalog lokal ini diharapkan mampu memperluas jaringan informasi produk lokal termasuk UMKM ke tingkat nasional.

Pelaksanaan E-Katalog Daerah ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan transparansi pengadaan barang dan jasa sehingga hasilnya lebih berkualitas serta menghemat waktu pengadaan.

"Masukan dari penyedia jasa sangat penting bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan pengadaan barang dan jasa kedepan menjadi lebih baik," Ucapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin
Fotografer: 
Erwin
Editor: 
Noviansyah