Biro Organisasi (VII)

Info Kontak
Alamat Kantor

Lantai 1 Gedung B Kantor Gubernur
Komplek Perkantoran dan Pemukimanan Terpadu Pemerintah
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Air Itam Pangkalpinang
Bangka

Telepon
(0717) 439235
(0717) 439237
E-Mail
biro_organisasibabel@yahoo.com
Pimpinan

Nama Pimpinan
Yamowa'a Laurens Saut Hotlan Harefa, AP
NIP
19750130 199402 1 003
Pangkat / Golongan
IV/c, Pembina Utama Muda
Pendidikan Terakhir
S-1 STPDN
Visi dan Misi

Visi

Visi Biro Organisasi Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Visi Sekretariat Daerah Provinsi Kepuauan Bangka Belitung adalah “ Terwujudnya Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitug yang Efektif dan Efisien melalui penataan Kelembagaan dan Ketatalaksanaan serta Analisa Jabatan”.

Misi

Misi Biro Organisasi Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah

  1. Meningkatkan koordinasi dan konsultasi dibidang kelembagaan dan ketatalaksanaan serta analisa jabatan.
  2. Mewujudkan kelembagaan organasi perangkat daerah yang efektif dan efisien.
  3. Meningkatkan kualitas SDM aparatur di Lingkungan Biro Organisasi
  4. Meningkatkan sarana dan prasana pendukung aparatur
  5. Menyediakan bahan tugas dan fungsi lembaga teknis daerah, dinas dan biro di Sekretariat Daerah.
  6. Meningkatkan studi dan penelitian di  bidang kelembagaan dan ketatalaksanaan serta analisa jabatan.
Tugas Pokok & Fungsi

Bagian Kelembagaan

  • Bagian Kelembagaan mempunyai Tugas menyiapkan bahan penyusunan, pembinaan dan petunjuk teknis penataan kelembagaan perangkat daerah Provinsi serta menyelenggarakan kegiatan tata udaha dan rumah tangga biro
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaiman dimaksud pada ayat (1) Bagian Kelembagaan mempunyai fungsi :
  1. Penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian dan Petunjuk Teknis Penataan Dinas, untu pelaksanaan teknis dinas (UPTD);
  2. Penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian dan petunjuk teknis penataan Sekretariat daerah Provinsi, Sekretariat DPRD Praovinsi, Lembaga Teknis Daerah Provinsi dan BUMD
  3. Penyelenggaraan urusan tata usaha dan rumah tangga biro;
  4. PelaksAnaan pembinaan staf;
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pembuatan laporan;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  • Bagian kelembagaan terdiri dari :
  1. Sub Bagian Kelembagaan Dinas;
  2. Sub Bagian Kelembagaan Setda dan Lembaga Teknis Daerah;
  3. Sub Bagian Tata Usaha Biro.
  • Masing – masing sub bagian dipimpin oleh seorang kepala yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kepala bagian kelembagaan
  • Sub Bagian Kelembagaan Dinas mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian dan penyusunan petunjuk teknis dalam rangka penataan dinas – dinas provinsi dan unit pelaksana dan provinsi.
  • Uraian tugas Sub Bagian Kelembagaan Dinas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :
  1. Memahami peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya menunjang pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Kelembagaan Dinas sebagai acuan pelaksanaan tugas
  3. Menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian dan penyusunan petunjuk teknis dalam rangka penataan dinas – dinas provnsidan unit pelaksana teknis dinas provinsi;
  4. Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan penjabaran tugas pokok dan fungsi dinas – dinas beserta unit pelaksana teknis dinas;
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dinas- dinas provinsi dan unit pelaksana teknis dinas provinsi;
  6. Melaksanakan pembinaan staf
  7. Melaksanakan evaluasi dan membuat laporan;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  • Sub Bagian Kelembagaan Setda dan Lembaga Teknis Daerah mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian dan penyusunan petunjuk teknis dalam rangka penataan Sekretariat Daerah , Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Lembaga Teknis Daerah Provinsi dan BUMD
  • Uraian tugas Sub Bagian Kelembagaan Setda dan  lembaga Teknis Daerah adalah
  1. Memahami peraturan perundang-undanagn dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  2. Enyusun rencana kegiatan Sub bagian kelembagaan setda dan lembaga teknis sebagai acuan pelaksanaan tugas;
  3. Menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan , pengendalian dan penyusunan petunjuk teknis dalam rangka penataan Sekretariat Daerah , Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Lembaga Teknis Daerah Provinsi dan BUMD
  4. Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan  penjabaran tugas pokok dan fungsi Sekretariat Daerah , Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Lembaga Teknis Daerah Provinsi dan BUMD
  5. Menyiapkan bahan pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Sekretariat Daerah , Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Lembaga Teknis Daerah Provinsi dan BUMD
  6. Melaksanakan pembinaan staf
  7. Melaksanakan evaluasi dan membuat laporan;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  • Sub Bagian Tata Usaha Biro mempunyai tugas melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga biro
  • Uraian Tugas Sub Bagian Tata Usaha Biro adalah
  1. Mengkoordinasikan penyusunan program biro;
  2. Melaksanakan urusan administrasi biro;
  3. Menyimpan arsip dan mendistribusikan surat-menyurat;
  4. Melaksanakan urusan rumah rangga biro;
  5. Melaksanakan urusan kepegawaian biro;
  6. Mengelola barang dan administrasi inventaris biro;
  7. Melaksanakan evaluasi dan membuat laporan;
  8. Melaksanakan pembinaan staf;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan
  • Bagian Tata Laksana mempunyai tugas, menyiapkan bahan penyusunan, pembinaan dan petunjuk teknis system prosedur kerja, pengawasan melekat serta akuntabilitas pada satua organisasi perangkat daerah
  • Untuk melaksanakan tugas tersebut Bagia Tata Laksana mempunyai fungsi:
  1. Penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian dan petunjuk teknis tentang sistem dan prosedur kerja;
  2. Penyiapan bahan koordiinasi, pembinaan, pengendalian dan petunjuk teknis pengawasan melekat serta akuntabilitaspada satuan organisasi perangkat daerah;
  3. Melaksanakan evaluasi dan membuat laporan;
  4. Melaksanakan pembinaan staf;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

Bagian Tata Laksana

  • Bagian Tata Laksana terdiri dari 2 sub bagian, yaitu :
  1. Sub Bagian Sistem dan Prosedur/Kerja;
  2. Sub Bagian Waskat dan Akuntabilitas.
  • Masing – masing Sub Bagian di pimpin oleh seorang Kepala yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bagian tata Laksana
  • Sub Bagian Sistem dan Prosedur Kerja mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian dan penyusunan petunjuk  teknis di bidang sistem dan prosedur kerja.
  • Uraian tugas Sub Bagian Sistem dan Prosedur kerja adalah
  1. Mengumpulkan, menganalisa data dan  standarisasi kerja dibidang tata laksana pemerintahan dan pembangunan;
  2. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian sistem dan prosedur kerja sebagai acuan pelaksanaan tugas;
  3. Menyusun petunjuk pelaksanaan mekanisme, hubungan kerja, prosedur dan standarisasi kerja dibidang tat laksana pemerintah dan pembangunan;
  4. Menyiapkan bahan fasilitasi tata naskah dinas;
  5. Mengatur dan membuat ketentuan hari kerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;
  6. Menyusun pedoman standarisasi perlengkapan dan peralatan kantor Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;
  7. Menyiapkan bahan penetapan ukuran, jenis dan kualitas sara kerja bagia semua organisasi dalam lingkungan pemerintah provinsi;
  8. Menyusun standar pelayanan minimal
  9. Melaksnakan pemantauan dan pelaporan mekanisme, hubungan kerja, prosedur dibidang tata laksana pemerintahan dan pembangunan;
  10. Melaksanakan pembinaan staf;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  • Sub Bagian Waskat dan Akuntabilitas mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan, pengendalian dan penyusunan petunjuk teknis dibidang pengawasan melekat dan akuntabilitas
  • Uraian tugas Sub Bagian Waskat dan Akuntabilitas adalah :
  1. Memahami Peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya untuk menunjang pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Waskat dan Akuntabilitas sebagai acuan pelaksanaan tugas;
  3. Menyiapkan bahan kordinasi, pembinaan, pengendalian dan penyusunan petunjuk teknis dibidang pengawasan melekat dan akuntabilitas;
  4. Menyiapkan bahan pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengawasan melekat dan akuntabilitas;
  5. Menghimpun, mengelola dan membuat rekapitulasi kehadiran pegawai Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;
  6. Melaksanakan pengelolaan Daftar Penilaian Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil Pejabat Eselon I dan II;
  7. Melaksanakan evaluasi dan membuat laporan;
  8. Melaksanakan pembinaan staf;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

Bagian Analisa Jabatan

  • Bagian Analisa Jabatan terdiri dari 3 sub bagian, yaitu :
  1. Sub Bagian Data dan Informasi Jabatan;
  2. Sub Bagian Analisa Sekretariat Daerah;
  3. Sub Bagian Analisa Jabatan Dinas – dinas dan lembaga Teknis.
  • Masing – masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang kepala yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala bagian Analisa Jabatan.
  • Sub Bagian Data dan Informasi kabatan mempunyai tugas  menyiapkan bahan koordinasi, penyusunan, pengendalian, pembinaan dan petunjuk teknis dibidang pengelolaan data dan informasi jabatan.
  • Uraian Sub Bagian Data dan Informasi Jabatan adalah :
  1. Menyiapkan bahan kordinasi, penyusunan, pengendalian, pembinaan dan petunjuk teknis dibidang pengelolaan Data dan Informasi jabatan;
  2. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Data dan Informasi Jabatan sebagai acuan pelaksanaan tugas’;
  3. Meninventarisasi dan menganalisa data dan informasi jabtan setiap unit kerja;
  4. Melaksanakan dan menyusun laporan monitoring dan evaluasi;
  5. Melaksanakan pembinaan staf
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  • Sub Bagian Analisa Jabatan Sekretariat daerah mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi, penyusunan, pengendalian, pembinaan dan petunjuk teknis dibidang analisa jabatan dinas dan Lembaga  Teknis daerah.
  • Uraian Sub Bagian Analisa Jabatan Dinas dan Lembaga Teknis Daerah adalah
  1. Menyiapkan bahan koordinasi, penyusunan, pengendaliian, pembinaan dan petunjuk teknis dibidang Analisa Jabatan Dinas dan Lembaga Daerah
  2. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Analisa Jabatan Dinas-dinas dan Lembaga Teknis Daerah;
  3. Menginventarisir dan menganalisa data yang berhubungan dengan Analisa Jabatan Dinas dan lembaga Teknis Daerah;
  4. Menyiapkan bahan fasilitasi Analisis Jabatan Dinas dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten/Kota;
  5. Menyusun kualifikasi dan kompetensi jabatan Dinas dan Lembaga Teknis Daerah;
  6. Melaksanakan dan menyusun laporan monitoring dan evaluasi ;
  7. Melaksanakan pembinaan staf;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
Program Kerja

Rencana Kerja

  1. Sosialisasi Pergub Nomor 29 Tahun 2010 tentang Naskah Dinas di Lingkungan pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  2. Bimtek Implementasi SPM di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  3. Bimtek Penerapan SOP di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  4. Evaluasi Uraian Tugas pada Dinas – dinas di Lingkungan Pemerintah Povinsi Kepulauan Bangka Belitung
  5. Evaluasi Kelembagaan pada Dinas – dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  6. Penyusunan Rumpun Jabatan Fungsional pada SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  7. Penyusunan Rencana Induk Reformasi Birokrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  8. Penyusunan standar Kompetensi Jabatan Struktural dan FUngsional pada Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD dan Lembaga Lain di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  9. Penyusunan Standart Kompetensi Jabatan Struktural pada DInas dan Lembaga Teknis Daerah (LTD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  10. Penyusunan Penetapan Kinerja (PK) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.