Biro Pembangunan (V)

Info Kontak
Alamat Kantor

Lantai 2 Gedung A Kantor Gubernur
Komplek Perkantoran dan Pemukimanan Terpadu Pemerintah
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Air Itam Pangkalpinang
Bangka

Telepon
(0717) 439325
(0717) 439326
(0717) 439327
Faximile
(0717) 438865
Website
Pimpinan

Nama Pimpinan
Hartono, SE
NIP
19641212 198903 1 015
Pangkat / Golongan
IV/b, Pembina Tingkat I
Pendidikan Terakhir
S-1 EKONOMI
Selayang Pandang

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terbentuk sejak tahun 2000 berdasarkan Undang-undang Nomor 27 Tahun 2000 dan menjadi daerah otonom dengan tujuan dapat lebih leluasa untuk merencanakan berbagai sektor pembangunan serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan umum, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Dalam rangka mempercepat pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, maka diperlukan perangkat daerah dalam membantu tugas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung untuk mencapai visi dan misi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2012 - 2017.

Salah satu perangkat daerah dalam membantu tugas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung adalah Biro Pembangunan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Biro Pembangunan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 5 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Biro Pembangunan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertugas membantu Gubernur dalam penyelenggaraan Pemerintah Provinsi khususnya di bidang Administrasi Pembangunan. Biro Pembangunan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan pemekaran dari Biro Ekonomi dan Pembangunan terbentuk sejak tahun 2008 berdasarkan Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 46 tahun 2008 tentang uraian Tugas Sekretariat Daerah  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Visi dan Misi

Visi

"Terwujudnya Administrasi Pembangunan yang Handal dan Profesional".

Misi

  1. Meningkatkan Koordinasi di Bidang Pembangunan dengan Instansi Terkait.
  2. Meningkatkan Sistem Pembinaan Pembangunan yang Terencana.
  3. Meningkatkan Sistem Pelayanan Terpadu Administrasi Pembangunan.
  4. Mengendalikan Kegiatan Pembangunan Secara Optimal.
  5. Memberikan Kemudahan Informasi di Bidang Pembangunan.
Tugas Pokok & Fungsi

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor:5 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Biro Pembangunan berada dibawah Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Tugas Pokok

Memberikan pelayanan administratif dalam penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintahan Daerah dan menyiapkan bahan pengkoordinasian perumusan kebijakan penyelenggaraan tugas dan fungsi di bidang urusan Pembangunan Prasarana Wilayah, Lingkungan Hidup dan Transmigrasi, Perhubungan dan Pekerjaan Umum.

Fungsi

  1. penyiapan bahan pengkoordinasian perumusan kebijakan di bidang  Pembangunan Prasaran Wilayah, Lingkungan Hidup dan Transmigrasi, Perhubungan dan Pekerjaan Umum
  2. peyiapan bahan penyelenggaraan administrasi perangkat daerah di bidang  Pembangunan Prasaran Wilayah, Lingkungan Hidup dan Transmigrasi, Perhubungan dan Pekerjaan Umum;
  3. penyiapan bahan pengendalian sumber daya aparatur, keuangan, sarana dan prasarana perangkat daerah di bidang Pembangunan Prasaran Wilayah, Lingkungan Hidup dan Transmigrasi, Perhubungan dan Pekerjaan Umum;
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh gubernur sesuai dengan tugas dan fungsinya.
 
Program Kerja
  1. Program Peningkatan Sistim Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH.
    1. Kegiatan: Penerapan Sistem Elektronik (E-procurement)
    2. Kegiatan: Pengendalian Pembangunan Kegiatan APBD.
    3. Kegiatan: Rapat LPSE.
    4. Kegiatan: Pengadaan Peralatan dan Infrastruktur LPSE.
  2. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
    1. Kegiatan: Pemberdayaan Instruktur dan Assesor IALKI
    2. Kegiatan: Bimbingan Teknis Pengadaan Barang / Jasa.
  3. Program Pemberdayaan Jasa Konstruksi
    1. Kegiatan: Pemberdayaan Pengguna Jasa Konstruksi.