Bisnis Bootcamp 2017, Komitmen BI Terhadap Perekonomian Babel

PANGKALPINANG - Dalam rangka meningkatka perekonomian Bangka Belitung, Bank Indonesia (BI) mengadakan Bisnis Bootcamp bagi pelaku usaha di Babel yang diselenggarakan selama 4 (empat) hari terhitung 11 hingga 14 Desember 2017.

Dalam hal ini, Bank Indonesia menggandeng Action Coach sebagai pelatih dalam Bootcamp ini. Setidaknya 2 (dua) orang coach akan mengisi materi selama acara Bootcamp berlangsung, diantaranya Coach Yamin dan Coach William. 

Kegiatan yang dinamai 'Bootcamp Wirausaha Bank Indonesia Tahun 2017' ini diadakan di Soll Marina Hotel & Conventions Center Bangka dengan peserta sebanyak 30 orang wirausaha terbaik di Babel yang lolos seleksi dari  total 166 orang peserta yang ikut tahapan seleksi Bootcamp.

Wirausaha yang ikut dalam pelatihan ini dari berbagai jenis usaha, seperti industri kreatif batik, teknologi, kerajinan, makanan-minuman, pengolahan makanan khas lokal, percetakan, properti dan tour and travel se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Bayu Martanto, Kepala Perwakilan BI Babel saat menyampikan sambutan dalam Acara Pembukaan BootCamp ini, Senin (11/12/2017) mengatakan bahwa kegiatan ini adalah pembinaan dalam berbagai aspek wirausaha baik teknis maupun non teknis. 

Bayu menjelaskan secara teknis peserta dibina bagaimana pengembangan manajemen bisnis, manajemen keuangan, tehnik pemasaran, peningkatan omzet dan akses pembiayaan. Sedangkan secara non teknis peserta akan dibina tentang communication skill, negotiating skill, manajemen SDM, pengambilan keputusan hingga problem solving. 

"Kami mengharapkan pembinaan ini berjalan produktif dan menghasilkan masukan serta komitmen untuk dapat ditindak lanjuti oleh seluruh instansi dan masyarakat di Babel," ungkap Bayu. Selain itu, Bayu Martanto mengharapkan wirausaha di Babel dapat bertambah secara kuantitas dan secara bersamaan wirausaha semakin eksis dan terus meningkat serta dapat menularkan jiwa kewirausahaan kepada lingkungannya. 

"Kami dari Bank Indonesia, berkomitmen untuk mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Babel," tambah Bayu.

Pada kesempatan yang sama Budiman Ginting, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan program kegiatan seperti ini sejalan dengan visi misi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

"Gubernur berkomitmen mendorong UMKM dan bisnis menjadi program yang diutamakan selama 5 tahun kedepan. Oleh sebab itu Bisnis Bootcamp yang diselenggarakan oleh BI ini harus diikuti secara sungguh-sungguh agar mendapat manfaat secara maksimal," tambah Budiman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp