BPS Lakukan Pembinaan Statistik Sektoral di Daerah via Video Conference

PANGKALPINANG – Kepala Badan Pusat Statistik Kecuk Suhariyanto mengadakan video conference dengan Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia. Kegiatan digelar pada  Rabu (4/4) dimana dinas kominfo se-kabupaten/kota berkumpul di ruang pertemuan kantor BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam video conference tersebut, Kecuk  menyampaikan harapannya kepada Dinas Komunikasi dan Informatika untuk menjadi walidata statistik sektoral di lingkup pemerintah daerah yang bertugas mengumpulkan dan mengelola data yang dihasilkan oleh produsen data serta menyebarluaskan data di lingkup instansi pemerintah.

Dimana tugas wali data statistik sektoral yaitu menerima dan memastikan data yang disampaikan oleh produsen data memenuhi standar data dan memiliki metadata baku, memastikan data yang disampaikan oleh produsen data sesuai dengan ketentuan, menyebarluaskan data dan metadata di portal satu data, membantu pembina data dalam membina produsen data, dan berpartisipasi dalam forum satu data.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa, pada tahun 2018 BPS sedang menyusun regulasi norma standard prosedur dan kriteria dan juga membuat pedoman tata cara diskominfo dan BPS daerah agar alur kerja berjalan lebih baik.

Sedangka pada tahun 2019 pemerintah akan merilis perpres mengenai kebijakan sistem satu data statistik, dengan tujuan utama di level nasional maupun pada level provinsi adalah sebagai peningkatan integritas data.

“Artinya kita akan punya satu standar data, satu metadata, punya satu data. Kalau datanya berbeda-beda, kita akan bingung,” kata Kecuk.

Selanjutnya salah satu yang menjadi salah satu tantangan adalah mengenai pembentukan sumber daya manusia. Kecuk mengatakan bahwa BPS siap untuk memberikan capacity building, technical assistant, dan juga modul-modul sebagai upaya penguatan SDM.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Irwanto