BPTP Kepulauan Bangka Belitung Menyiapkan 25.000 Bibit Cabai

PANGKALPINANG - Mendukung Program Kementerian Pertanian, Gerakan Nasional Penanaman Cabai (Gertam Cabai) 50 juta pohon cabai di Pekarangan. BPTP Balitbangtan Bangka Belitung saat ini tengah menyiapkan persemaian bibit cabai sebanyak 25.000 bibit, dimana direncanakan pengalokasiannya untuk Pulau Belitung sebanyak 5.000 bibit dan Pulau Bangka 20.000 bibit.

Kegiatan ini selain melibatkan seluruh pegawai juga melibatkan 25 orang siswa/i SMK Pertanian yang sedang melaksanakan praktek kerja lapang di BPTP Balitbangtan Bangka Belitung selama tiga bulan. Setiap pegawai juga dianjurkan untuk menanam cabai 5 sampai 10 tanaman di pekarangan rumah masing-masing.

Selain itu BPTP Balitbangtan Bangka Belitung juga tengah mengupayakan pembibitan berbagai sayur dan buah yang sesuai untuk tanaman di pekarangan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU dengan TP-PKK Provinsi Babel.

Dimana BPTP Balitbangkan Bangka Belitung akan menyediakan bibit cabai dan memberikan pendampingan inovasi teknologi. Penanaman cabai di pekarangan merupakan salah satu solusi untuk membantu penyediaan cabai secara berkelanjutan di tingkat rumah tangga dan untuk mengatasi tingginya fluktuasi harga cabai yang terjadi setiap tahun.

Sumber : babel.litbang.pertanian.go.id/index.php/publikasi/538-bptp-kepulauan-bangka-belitung-menyiapkan-25-000-bibit-cabai

Sumber: 
www.babel.litbang.pertanian.go.id
Penulis: 
Administrator
Editor: 
Noviansyah