Budiman Ginting: RPPLH Salah Satu Strategi Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pangkalpinang - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Budiman Ginting membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) di Hotel Bumi Asih, Kamis ( 28/06/2018 ).

Kegiatan Bimbingan Teknis dilaksanakan dalam upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas kelompok kerja dalam menyusun serta menentukan strategi penyusunan RPPLHD sehingga dapat menghasilkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Menurut Budiman, pembangunan ekonomi yang telah diIaksanakan selama ini memanfaatkan banyak sumber daya alam. Selain memberikan keuntungan yang cukup basar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga berpotensi memberikan dampak negatif dalam jangka panjang. 

"Sumber Daya Alam dan lingkungan hidup memiliki batasan daya dukung dan daya tampung. Apabila aktivitas pembangunan tersebut terus menerus memanfaatkan sumber daya alam secara berlebihan, maka kondisi llngkungan hidup dapat mencapai titik kritis sehingga tidak mampu lagi memulihkan diri secara alami," jelas Budiman.

Budiman menjelaslan pengelolaan lingkungan hidup harus dijadikan dasar dalam mengembangkan kebijakan pembangunan dengan mempertahankan dan memperbaiki pengelolaan kualitas lingkungan hidup yang menunjang keberlanjutan pemanfaatan dan konservasi SDA dan lingkungan untuk generasi yang akan datang.

Karena itu, untuk menjamin pencapaian sasaran - sasaran pengelolaan hidup tersebut diperlukan strategi dan penjabaran Iebih lanjut dalam langkah -langkah perencanaan pembangunan dalam kurun waktu yang lebih operasional serta diimplementasikan secara konkret pada tingkat pemerintah pusat maupun daerah sesuai dengan kewenangannya.

Strategi tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan. "Oleh karena itu penyusunan RPPLH merupakan salah satu bentuk strategi pengelolaan lingkungan hidup dengan memperhatikan karakteristik fungsi ekologis, kepadatan penduduk, sebaran potensi sumber daya alam, kearifan lokal dan aspirasi masyarakat," jelas Budiman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin Inradio