Cabor Atletik Kebagian 28 Persen Medali

Bangka Tengah – Sebanyak 486 medali diperebutkan pada ajang Porwil IX Sumatera November mendatang. Sekitar 28 persen atau 138 medali diperuntukan bagi cabang olahraga (cabor) atletik. Jumlah medali tersebut lebih banyak dari sembilan cabor lainnya.

Sebagaimana diketahui, Panitia Besar Porwil IX Sumatera telah menetapkan pelaksanaan ajang olahraga ini dimulai 13 November dan berakhir 21 November 2015. Penetapan tanggal tersebut mempertimbangkan pelaksanaan pra PON yang tidak boleh lewat dari November. Penutupan kegiatan ini nantinya bertepatan dengan hari jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Apik Chakib Rasjidi Ketua Harian Porwil IX Sumatera 2015 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, pelaksanaan Porwil sengaja digelar bulan November. Karena di bulan Oktober adanya Pekan Olahraga Mahasiswa, sementara sebagian besar atlet dari kalangan mahasiswa.

“Rapat koordinasi teknis menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya memutuskan 486 medali untuk sepuluh cabang olahraga,” katanya saat rakornis Porwil IX Sumatera di Aston Soll Marina Hotel, Kamis (9/4/2015).

Berdasarkan data diperoleh babelprov.go.id, jumlah medali terbanyak berada pada cabor atletik dengan rincian, 46 medali emas, 46 perak dan 46 medali perunggu. Selanjutnya cabor renang memperebutkan 96 medali dengan rincian medali emas, perak dan perunggu masing-masing berjumlah 32 medali.

Sementara cabor pencak silat mendapat alokasi 63 medali dengan rincian medali emas, perak dan perunggu masing-masing berjumlah 21 medali. Untuk cabor catur dan panjat tebing memperebutkan masing-masing 54 medali. Cabor billiard dan bulu tangkis memperebutkan masing-masing 28 medali dengan rincian emas dan perak tujuh medali dan 14 medali perunggu.

Untuk cabor sepak takraw memperebutkan 32 medali, terdiri dari emas dan perak masing-masing empat medali dan delapan medali perunggu. Selanjutnya cabor basket hanya memperebutkan enam medali, terdiri dua medali emas, dua perak dan dua perunggu. Menempati urutan terakhir alokasi medali yakni cabor sepak bola yang hanya memperebutkan tiga medali.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda Ginting
Fotografer: 
Imelda Ginting
Editor: 
Huzari