Cabor Catur Awali Porwil Sumatera IX

TANJUNGPANDAN - Pembukaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera IX-2015, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sudah dimulai. Cabang olahraga (Cabor) pertama yang dipertandingkan adalah Catur yang dikoodinir oleh Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia).  Pertandingan catur kali ini dilangsungkan di Bahamas Hotel, Rabu (11/11) kemarin hingga 21 November 2014 mendatang.

Sebanyak sepuluh Provinsi di Sumatera bertarung di Porwil ini, yaitu Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD). 

Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani memantau langsung pertandingan perdana ini. Selain itu, juga hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Drs Rafelli dan Kasat Binmas Polres Belitung Iptu Firdaus.

Erwandi A Rani mengatakan, dia mengaku bangga lantaran Belitung dipercaya menjadi tempat pertandingan Pekan Olahraga Wilayah di Babel ini. Sebab, adanya event ini dapat meningkatkan sportifitas olahraga secara umum dan khususnya lagi di Belitung.

Dirinya mendukung secara penuh terselenggaranya kegiatan ini. Sebab, menurut Erwandi, adanya Event Akbar ini bisa juga dijadikan promosi pariwisata Belitung. "Yang bertanding di Porwil ini, mayoritas adalah warga luar Belitung. Jadi, ini juga merupakan kesempatan bagi kami untuk memperkenalkan pariwisata kita ke mereka (para atlet,red)," ujar Erwandi.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Porwil Cabang Catur Eko Sajad mengatakan, cabang olahraga ini dibuka perdana di Belitung. Pelaksanaan acara digelar mulai (11/11) kemarin, hingg (21/11) mendatang.

"Sepuluh tim dari Sumatera ikut serta dalam pertandingan ini. Sebanyak 26 wasit kita turunkan untuk mengawasi pertandingan ini," ujar Eko Sajad  di tengah-tengah pertandingan perdana ini.

Eko menjelaskan, ada lima ronde tiap harinya dilaksanakan di pertandingan ini. Selain itu, ada tiga kategori yang di pertandingkan yakni, catur cepat, sedang dan bermain dalam waktu dua jam. "Kami berharap, kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar," pungkasnya.

 

Cabor Atletik Porwil IX Sumatera Resmi Dibuka

Sementara, untuk Cabor Atletik yang digelar di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah resmi dibuka oleh Penjabat (Pj).Bupati Beltim, H Hardi SH MH di Stadion utama Beltim, Rabu (11/11) kemarin.
Pembukaan yang dihadiri oleh semua peserta Porwil se Sumatera beserta pimpinan kontingen tersebut resmi dibuka ditandai dengan pemukulan bedug oleh Hardi yang didampingi oleh Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi S.ik, dan Forkominda serta kepala SKPD lainnya.

Dalam sambutannya Hardi mengatakan secara umum keseluruhan kegiatan cabor Porwil IX Sumatera sebenarnya akan dibuka resmi oleh Gubernur kepulauan Bangka Belitung (Babel), pada Jumat (13/11) mendatang di Stadion Depati Amir Pangkal Pinang. Namun, khusus untuk cabor Atletik akan dimulai Kamis (12/11) hari ini hingga 16 Nopember mendatang.  "Kami meminta kepada semua Atlet jadikan Atletik ini sebagai icon lambang supermasi, dan lambang kebanggan. Untuk itu mari kita dukung dan junjung tinggi nilai sportifitas yang ada sebagai wujud visi dan misi masing masing kontingen," ungkap Hardi.

Sebagai tuan rumah, lanjut Hardi sangat tidak berlebihan jika dirinya dan semua pihak berharap sukses. Sukses dalam menjamu semua kontingen, sukses prestasi dan sukses dalam mempromosikan pariwisata.  "Tanpa dukungan seluruhnya baik dari legislatif, forkominda dan masyarakat serta 10 kontingen yang hadir tentunya kita akan menuju kesuksesan bersama. Dan kami berharap ke depan juga tentunya even Atletik ini tidak hanya untuk Porwil, namun juga melalui Dispora baiknya bentuk kejuaraan Atletik tingkat Nasional akan terselenggara di Kabupaten Beltim yang kita cintai ini," ujarnya.

Dengan demikian Beltim, harap Hardi, nantinya bisa dijadikan icon prestasi atlet, icon fasilitas atlet dan icon sukses yang mendunia seperti mendunianya laskar pelangi.  Diselenggarakannya Porwil ini bertujuan sebagai sarana kompetisi bagi atlet terbaik di wilayah Sumatera, juga sebagai babak kualifikasi PON XIX 2016 yang rencana akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat. Selain itu, untuk memupuk tali persahabatan, persaudaraan, dan persatuan antar sesama atlet di wilayah Sumatera. 

Sementara, sebanyak 26 nomor cabang olahraga (Cabor) Atletik ini, akan dipertandingan di lintasan Atletik Stadion Utama Beltim. “Untuk pertandingan dimulai esok hari (hari ini, red) pukul 05.00 WIB hingga selesai," ungkap Ketua Panitia pelaksana lokal Beltim, Evi Nardi, usai pembukaan Porwil Cabor Atletik, di Stadion utama Beltim.

Evi Nardi menambahkan nomor yang akan dipertandingkan, antara lain lomba lari 100 meter putra/putri, lari 200 meter putra/putri, lari 400 meter putra/putri, lari Marathon 42,195 kilometer putra/putri, lompat jauh putra/putri, lompat tinggi putra/putri, serta lempar cakram dan nomor lomba Atletik lainnya. 

“Sedangkan, untuk medali yang diperebutkan pada cabor Atletik ini ada sebanyak 138 medali.  Dengan rincian medali emas 46 buah, perak 46 buah dan perunggu 46 buah,” tandasnya.(feb)

Hasil Pertandingan Perdana Catur Porwil, Rabu, 11 November

 

Round I

Jambi vs Lampung skor 4-0.
Sumsel vs Bengkulu skor 3-1.
Riau vs Babel skor 3-1.
Sumut vs Sumbar skor 1 1/2 - 1 1/2.
Kepri vs NAD skor 2-2.

    
Round II

Lampung vs NAD skor 2-2.
Sumbar vs Kepri skor 2 1/2 - 1 1/2.
Babel vs Sumut skor 2-2.
Bengkulu vs Riau skor 1-3.
Jambi vs Sumsel skor 2-2.

Round III

Sumsel vs Lampung skor 2-2.
Riau vs Jambi skor 2-2.
Sumut vs Bengkulu skor 4-0.
Kepri vs Babel skor 2-2.
NAD vs Sumbar skor 1/2-3 1/2.

Round IV

Lampung vs Sumbar skor 1 1/2 - 2 1/2.
Babel vs NAD skor 2-2.
Bengkulu vs Kepri skor 3-1.
Jambi vs Sumut skor 3-1.
Sumsel vs Riau skor 1-3.

Round V

Riau vs Lampung skor 3 1/2 - 1/2.
Sumut vs Sumsel skor 1 1/2 - 2 1/2.
Kepri vs Jambi skor 0-4.
NAD vs Bengkulu skor 2 1/2 - 1 1/2.
Sumbar vs Babel 3 1/2 - 1/2.

   
Round V Perseorangan

Kasmiran (Sumsel) vs Zulkhairi (NAD) skor 4 1/2 - 3 1/2.
Surya Setiawan (Sumsel) vs Hardian Anwar (Riau) skor 3 1/2 - 4.
Rubi Tamolo (Sumbar) vs Hermawan Susanto (Bengkulu) skor 2 1/2 - 3 1/2.
Anasrulah (Babel) vs Yoan Doni (Lampung) skor 3 12 - 2 1/2.
Taufik (Riau) vs Mashuda (Jambi) skor 2-3.
Roy Charles (Sumut) vs Nasrul  Adji (Bengkulu) skor 3-2.
Jauhari (Babel) vs Irwandi (NAD) skor 2-3.
Reza Fajar (Sumbar) vs Jory Harahap (Kepri) skor 2-1.
Winarno (Jambi) vs Zulfikar (Sumut) skor 1 12 - 1 1/2.
Abdul Tarigan (Kepri) vs Hendri Gere (Lampung) skor 0- 1 /12.

Sumber: 
PB Porwil
Penulis: 
Feb
Tags: 
Porwil Sumatera IX