CASN Ikuti Dua Tahap Pembelajaran

Pangkalpinang – Diklat Prajabatan diselenggarakan untuk membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) profesional sesuai nilai-nilai dasar profesi. Diharapkan ASN mampu menyelesaikan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat. Sebanyak dua tahap pembelajaran yang akan diterima Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Demikian disampaikan dr Hendra Kusumajaya Kepala Badan Diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat acara pembukaan Diklat Prajabatan CASN Pola Baru Angkatan I di Badan Diklat Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (14/4/2015).

Lebih jauh ia menjelaskan, pertama tahap internalisasi nilai-nilai dasar profesi ASN dengan mata diklat akuntabilitas ASN, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi. Tahap pembelajaran kedua, aktualisasi nilai-nilai dasar profesi ASN dengan mata diklat aktualisasi nilai-nilai dasar profesi ASN, rencana kerja, kepemimpinan dan pembimbingan di tempat tugas atau magang, evaluasi.

Selain itu ada program kokurikuler meliputi senam kesegaran jasmani dan muatan teknis substansi lembaga serta ceramah kesehatan mental. Hendra mengatakan, peserta Diklat Prajabatan Pola Baru Golongan III Angkatan I berjumlah 40 orang terdiri dari 15 CASN Pemkab Belitung, 12 CASN dari Pemprov Babel, tujuh dari Kabupaten Bangka, lima dari Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan satu peserta dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Baturusa Cerucuk.

Sedangkan Gol II, jelasnya, berjumlah 40 orang dengan rincian, 24 CASN Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 15 dari Pemkab Belitung dan satu CASN Pemkab Bangka Barat. Waktu dan tempat pelaksanaan diklat golongan III selama 31 hari dimulai tanggal 14 April sampai 22 Mei 2015. Sementara untuk golongan Gol II selama 27 hari terhitung 14 April sampai 13 Mei 2015.

“Tenaga pengajar terdiri dari satu widyaiswara Lembaga Administrasi Negara RI, widyaswara Badan Diklat dan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu ada juga Instruktur,” tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari