Cek Kesiapan Pengamanan Kamtibmas Jelang Idul Fitri, Polda Babel Gelar Operasi Ketupat Menumbing 2019

Pangkalpinang –Dalam rangka pengamanan kamtibmas jelang lebaran, Polda Kepulauan Bangka Belitung gelar Pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2019 di halaman Mapolda Babel, dengan Kapolda Brigjen Pol Istiono selaku Pembina Apel, Selasa (28/05/2019).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Danrem Kolonel Inf Dadang Arif, yang turut melibatkan pasukan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Basarnas, Kesehatan yang ditandai dengan pemberian pita.

Ada dua tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan apel gelar pasukan, dimana yang pertama diselenggarakannya apel untuk mengecek kesiapan personil, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara.

Kemudian yang kedua, diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga akan mengukuhkan ketenangan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Istiono mengatakan Operasi Ketupat 2019 diselenggarakan di seluruh 34 Polda di Indonesia yang turut melibatkan 160.395 ribu personil gabungan yang terdiri dari 93 ribu personil Polri, 13 ribu personil TNI, 8 ribu personil kementerian dan dinas instansi terkait, 11 ribu personil Satpol PP, 6.900 personil pramuka, 16 ribu personil organisasi kemasyarakatan.

Ia berharap keberhasilan Operasi Ketupat Menumbing pada tahun 2018 akan bisa ditingkatkan pada operasi pada tahun 2019 ini.

“Polri didukung TNI dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat di dalam Operasi Ketupat 2019 akan bekerja keras dan mengerahkan segenap sumber daya dalam pengamanan Ramadan dan Idul Fitri tahun 2019,” tutup Istiono.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Fitra