Ciptakan Pemerintahan Yang Efektif, KPK Gelar Workshop Lanjutan Komite Integritas

PANGKALPINANG - Bertempat di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Komisi Pemberantasan Korupsi mengadakan kegiatan Workshop Lanjutan Komite Integritas bagi pejabat eksekutif dan legislatif di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017, pada hari Rabu (18/10/2017). 

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi menyatakan sangat mengapresiasi lembaga KPK yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan workshop terkait membangun integritas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan berharap dapat menciptakan pemerintahan yang efektif.

“Workshop integritas ini sebagai satu cara bagaimana menciptakan pemerintahan yang bersih dan efektif. Berangkat dari konteks tersebut maka sangat penting membangun budaya integritas,” ungkap Sekda.

Selain menciptakan pemerintah yang efektif, Sekda menjelaskan bahwa budaya integritas dalam pemerintahan juga diperlukan. Pasalnya hal tersebut tidak terlepas dari tugas pokok dan peran pemerintah yaitu memberikan pelayanan publik.

“Dalam membangun budaya integritas perlu dipahami tugas dan peran Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu melayani masyarakat.  Dan untuk melaksanakan tugas tersebut perlu memahami etika layanan, dimana etika layanan tersebut dapat dilaksanakan apabila ASN memiliki etos, semangat kerja dan jiwa melayani. Berangkat dari konteks tersebut maka harus dipahami bagaimana caranya mempunyai kemampuan teknikal dan budaya etika layanan tersebut, maka untuk membudayakan hal tersebut satu caranya adalah dibutuhkan integritas, dan KPK telah menginisiasinya,” jelas Sekda

Sementara itu, Deputi Pencegahan KPK Ryan Herfiansyah Utama menjelaskan agenda pelaksanaan workshop lanjutan ini adalah membuat pemetaan dan sekaligus membuat model budaya integritas yang sesuai dan dibutuhkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Workshop komite integritas tersebut maknanya kita membuat pemetaan atau membuat panduan budaya integritas, dan hari ini (Rabu, 18/10/2017) kita mencoba membuat pemetaan tersebut sekaligus diharapkan kedepannya dapat menjadi suatu bentuk regulasi, eksistensi dan legitimasi dalam pemerintahan,” ungkap Ryan.

Selain diikuti oleh pejabat esselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, turut hadir dalam kegiatan Workshop Lanjutan Komite Integritas tersebut adalah Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani